Syarat Kelulusan, Camaba Bidang Seni dan Olahraga Wajib Lampirkan Portofolio SNMPTN

Infokampus.news – Seperti tahun-tahun sebelumnya, di SNMPTN 2019 ini Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) mewajibkan pendaftar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) yang mengambil program studi di bidang seni dan olahraga untuk mengunggah portofolio dan dokumen bukti keterampilan yang telah dilegalisasi oleh sekolah. Pelampiran portofolio SNMPTN ini sebagai substitusi tahap seleksi keterampilan yang biasanya diterapkan di seleksi masuk PTN.

PTN yang membuka sejumlah prodi bidang seni dan/atau olahraga yang seleksinya mensyaratkan portofolio SNMPTN di antaranya yakni Universitas Negeri Surabaya (Unesa) dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Koordinator Humas SNMPTN-SBMPTN Univesitas Negeri Surabaya (Unesa), Vinda Maya, mengkonfirmasi di Unesa terdapat beberapa prodi yang memerlukan portofolio dalam pendaftatan SNMPTN.

Prodi tersebut meliputi Pendidikan Jasmani dan Kesehatan (Penjaskes), Pendidikan Kepelatihan (Penkep), Ilmu Keolahragaan (Ikor) di Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) dan Jurusan Seni Drama, Tari, Musik (Sendratasik), Seni Rupa di Fakultas Bahasa dan Seni (FBS).

“Prodi itu tahun lalu harus tes di kampus. Tapi tahun ini harus menyertakan portofolio sesuai dengan ketentuan yang sudah dikelompokkan LTMPT,” ujar Vinda dilansir dari SURYA.co.id, Rabu (6/2/2019).

Baca Juga :  Senat Kukuhkan Guru Besar Polinema dari Teknik Mesin

Portofolio SNMPTN yang disyaratkan berbeda-beda, sesuai dengan relevansinya dengan program studi. Kelompok portofolio yang ada di Unesa yakni mencakup Portofolio Seni Rupa, Desain dan Kriya, Portofolio Tari, Portofolio Musik, Portofolio Sendratasik, Portofolio Teater dan Portofolio Olahraga.

Vinda menjelaskan, ketentuan lengkapnya seperti tema dan bentuk portofolio berupa gambar atau video bisa diakses di website resmi SNMPTN.

“Selain portofolio pendukung, pendaftar harus melampirkan prestasi yang sesuai atau linier dengan program studi yang diambil,” saran Vinda.

Lain halnya dengan di ITS. Humas SNMPTN ITS, Ismaini Zain, menyebutkan prodi yang berkaitan dengan desain biasanya menerapkan tes keterampilan. Di ITS, prodi yang mengharuskan adanya portofolio adalah Desain interior, Desain Komunikasi Visual dan Desain Produk. Karena aturan dan jenis program studi serta panduan memilih prodi sudah ada di laman resmi SNMPTN, Zain mengimbau pendaftar untuk mengikuti pedoman yang ada.

Peserta yang telah mengunggah portofolio untuk kepentingan proses seleksi dalam SNMPTN 2019, apabila dinyatakan tidak lulus SNMPTN 2019 dapat menggunakan portofolio yang sudah diunggahnya tersebut tanpa perubahan untuk mengikuti proses seleksi SBMPTN 2019 asalkan isinya sesuai dengan persyaratan kelompok portofolio program studi pilihannya. (him)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *