#PrayForDonggala, Gempa Beruntun Berpotensi Tsunami Luluhkan Sulawesi Tengah

Infokampus.news – Setelah kemarin Indonesia berduka melalui gempa yang ada di Lombok, kali ini Gempa kembali datang dan meluluhkan Donggala, Palu, Sulawesi Tengah, tepat hari ini 28 September 2018.

Gempa pertama terjadi pada pukul 14.00 Wib dengan kekuatan magnitudo sebesar 6,0 skala richter. Pusat gempa berasal dari 2 km arah utara kota Donggala pada kedalaman 10 km. Gempa kedua terjadi pada pukul 14.28 WIB dengan kekuatan magnitudo sebesar 5.0 skala richter. Kemudian gempa ketiga dengan kekuatan magnitudo 5.3 pada pukul 15.25 WIB.

“Gempa dirasakan sangat keras terjadi di Kecamatan Sirenja kabupaten Donggala karena dekat dengan pusat gempa. Beberapa rumah roboh dan rusak akibat gempa. Masyarakat panik dan berhamburan keluar rumah.” Ungkap Sutopo Purwo Nugroho selaku kepala pusat data informasi dan humas BNPB.

Gempa berikutnya terjadi pada pukul 17.14 Wib dengan kekuatan magnitudo sebesar 6.1 skala richter dengan pusatnya gempa berada di 58 km Timur Laut Donggala dengan kedalaman 10 KM. Belum berhenti disitu, gempa susulan terjadi lagi dengan kekuatan magnitudo terbesar yakni sebesa 7,7 skala richter, terjadi pada pukul 17.02 WIB.

Gempa susulan kali ini menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) sempat dinyatakan berpotensi Tsunami sebelum akhirnya status peringatan dini tsunami-nya dinyatakan berakhir oleh BMKG.

“berdasarakan data sementara dari BPBD Kabupaten Donggala tercatat 1 orang meninggal dunia, 10 orang luka-luka dan puluhan rumah surak. Korban tertimpa oleh bangunan yang roboh,” lanjut Sutopo.

Sampai sekarang masih terus dilakukan upaya evakuasi. Selain di Donggala, gempa bumi tektonik berkekuatan 3,8 pada Skalara Richter (SR) mengguncang Kairatu dan Kota Ambon pada jumat Malam, pukul 20.13 WIT. Gempa yang tidak menimbulkan tsunami itu dirasakan sebagian masyara kat Kairatu, sedangkan di Ambon hanya segelintir orang. (Jul) 

 

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
Belum Wisuda, Calon Lulusan Arsitektur ITN Malang Ini Sudah Ditawari Jadi Direktur! Kisah Hidupnya Bikin Terharu

Bagi Andry Putra, atau yang akrab disapa Andry, masuk di jurusan Teknik Arsitektur ITN Malang (Institut Teknologi Nasional Malang) adalah...

Close