Prihatin dengan Masalah Limbah, FP UWG Ciptakan Solusi Tepat Guna

Infokampus.news– Fakultas Pertanian (FP) Kampus Inovasi Universitas Widyagama Malang terus mengembangkan sayapnya memperluas jejaring dengan berbagai komponen masyarakat pelaku industri. Perluasan jejaring ini utamanya dalam rangka pelaksanaan dan peningkatan kegiatan tri darma perguruan tinggi yaitu pendidikan pengajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Memory of Understanding (MoU) terbaru yang dilakukan adalah menggandeng PT Centram yang mengolah rumput laut dan PT Ambico yang mengolah iles-iles, yang mengirim semua hasil olahannya ke Jepang. Seperti kita ketahui, Nusantara ini adalah produsen rumput laut terbesar di dunia, sementara itu iles-iles yang kita miliki memiliki kualitas terbaik. Permasalahan kedua perusahaan yang berlokasi di Kabupaten Pasuruan ini adalah limbah padat dan cair yang dihasilkannya.

Hadirnya FP UWG melalui Program Studi Agroteknologi diantara kedua perusahaan tersebut adalah dalam rangka mengatasi permasalahan yang ada, yaitu pengolahan limbahnya. Ketua Program Studi Agroteknologi Dr. Ir. Suslam Pratamaningtyas, MP menjelaskan bahwa kerjasama yang akan dilakukan adalah untuk mengolah limbah kedua perusahaan tersebut menjadi bahan-bahan yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar pabrik. “Dengan sentuhan teknologi, limbah-limbah tersebut akan kita olah antara lain menjadi pupuk, pakan ternak dan batu bata ringan. Kerjasama ini nantinya tidak hanya mengatasi permasalahan kedua perusahaan tersebut, tetapi diharapkan juga mampu menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat sekitar pabrik dan harapan lebih lanjut tingkat kesejahteraan masyarakat sekitar pabrik dapat meningkat,” imbuh Suslam.

Baca Juga :  Jangan Sampai Mabuk Perjalanan Mengganggu Liburanmu, Simak Tipsnya

Penandatangan MoU dilakukan pada Kamis 8 Agustus 2019 di Ruang Dekan FP. Humas dan Bagian Kerjasama, Hendro Prihantanto, SE yang juga alumni FE UWG mewakili PT Centram dan PT Ambico dan Dekan FP Dr. Evi Nurifah Julitasari, SP, MP mewakili Fakultas Pertanian menandatangani MoU yang berjangka waktu lima tahun tersebut. Disamping Ketua Program Studi Agroteknologi, penandatanganan MoU tersebut juga dihadiri Dr. Ir. Ririen Prihandarini, MS, yang nantinya akan memimpin penelitian terkait dengan pengolahan limbah kedua perusahaan tersebut. (Sil)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *