Prodi Psikologi UB Berhasil Tempati Rangking Pertama pada 5-Year Score Publikasi Ilmiah

Infokampus.news– Program studi psikologi Universitas Brawijaya (UB) pada tahun ini raih peringkat pertama  dalam 5-Year Score Publikasi Ilmiah.

Psikologi UB berhasil mengungguli sekitar 167 Program Studi S1 Psikologi di Indonesia, baik Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Hal yang juga menjadi kebanggaan bagi prodi psikologi UB adalah keberhasilannya melampaui Universitas Diponegoro dan Universitas Indonesia yang notabene memiliki prodi psikologi lebih lama daripada UB. Prestasi yang diraih Psikologi UB ini tidak lepas dari peran para dosen yang senantiasa memberikan trobosan terbaru untuk menghasilkan artikel-artikel ilmiah yang berkualitas.

Dalam penilaian Publikasi Ilmiah ini menggunakan mengunakan sistem skor yang terbagi menjadi dua yakni penilaian dari segi jumlah jurnal yang di unggah dan jumlah sitasi pada artikel ilmiah tersebut. Sitasi sendiri merupakan jumlah dari pengutipan yang dilakukan oleh penelitian lain pada artikel tersebut.

Penilaian Publikasi ini dikeluarkan oleh salah satu portal yang dimiliki pemerintah yaitu Sinta (Indeks Sains dan Teknologi). Sinta sendiri merupakan sebuah sistem informasi penelitian yang berbasis web untuk mengukur kinerja dosen (PTN dan PTS), peneliti, lembaga dan jurnal di Indonesia. Sinta juga memberikan tolok ukur dan analisis, identifikasi kekuatan penelitian masing-masing lembaga untuk mengembangkan kemitraan kolaboratif, untuk menganalisis tren penelitian. Sinta sendiri mulai dibuka pada tahun 2016 oleh Direktur Jenderal Penguatan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Teknologi Riset dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Kemenrisetdikti), dengan melibatkan para ahli dari berbagai institusi.

Baca Juga :  Kabar Terbaru! Berikut Informasi Jadwal UTBK 2020

Berikut adalah urutan rangking 1-20 5-Year Score Publikasi Ilmiah (Data SINTA Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia tahun 2019):

  1. Universitas Brawijaya (UB), dengan skor 225
  2. Universitas Diponegoro (Undip), dengan skor 150
  3. Universitas Indonesia (UI), dengan skor 60
  4. Universitas Bina Nusantara (Binus), dengan skor 54
  5. Universitas Yarsi, dengan skor 47
  6. UIN Jakarta, dengan skor 30
  7. UIN Bandung, dengan skor 24
  8. Univeritas Islam Indonesia (UII), dengan skor 20
  9. Universitas Padjajaran (Unpad), dengan skor 18
  10. Universitas Kristen Krida Wacana (Ukrida), dengan skor 17
  11. Universitas Airlangga (Unair), dengan skor 16
  12. Universitas Ahmad Dahlan, dengan skor 15
  13. Universitas Udayana (Unud), dengan skor 13
  14. Univeritas Negeri Malang (UM), dengan skor 12
  15. Univeritas Negeri Jakarta (UNJ), dengan skor 11 (Sil)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *