Prof. Amin, Temukan Formula Sapi Beranak Kembar!

Infokampus.news, Malang – Prof. Dr. agr. Mochamad Amin, S.Pd, M.Si, salah satu dosen Fakultas MIPA Universitas Negeri Malang (UM) temukan formulasi pengetes potensi sapi ternak beranak kembar. Jika setiap peternak menggunakan formula ini, maka bisa dipastikan hasil produksi ternak mampu meningkat hingga dua kali lipat jumlah standarnya.

“Ini masih kami teliti lagi dan kedepannya kami ingin buat seperti Kit DNA test, jadi memudahkan para peternak untuk mengetes hewan ternak indukan mereka berpotensi punya anak kembar atau tidak,” ujar dosen yang mengaku penggemar peternak spesies sapi lokal ini.

Amin mengatakan dengan adanya potensi sapi kembar ini, para peternak sapi mengembangkan usaha mereka menjadi efisiensi produksi ilmiah.

“Denga diketahui seperti ini di awal, kan mereka jadi bisa memilah mana indukan yang menghasilkan banyak sapi mana yang tidak. Nah, jika sudah begini nanti peternak bisa jual yang tidak potensi punya anak kembar saja, yang indukan kebar bisa dipelihara.” tambahnya.

Rencana Ditolak Dikti Meksipun Memberdayakan Masyarakat Secara Masif

Kendati penelitiannya merupakan salah satu penelitian yang sangat bermanfaat bagi masyarakat luas, proposalnya sempat ditolak oleh pihak Kemenristekdiki karena dianggap kurang memungkinkan dengan kondisi masyarakat Indonesia yang masih awam terhadap pengetahuan ilmiah.

“Saya mulai penelitian ini tahun 2010,kemarin, tapi sebenarnya sudah lama mikir tentang ini. Pernah juga usulkan ke KemenristekDikti tapi ditolak karena tidak mungkin katanya (2010), ahirnya pas ditolak ya saya mengerjakan yang lain,” paparnya pada tim infokampus.news.

Memang jika ditilik dari hasil studinya, ada 4 penanda gen yang harus diketahui sebelum melakukan penelitian terhadap hewan ternak indukan. Yaitu ada:
1.Pregnancy rate (kehamilan)
2.Jumlah implantansi (conception rate)
3.Birth weight (berat lahir)
4.Twinning rate gene (penanda bayi kembar)

Namun dengan adanya kita yang akan ia rancang nanti, alat tersebut akan mempermudah masyarakat awam untuk mem boosting hasil hewan ternak mereka. Ia juga mengaku tetap menjalankan program dan penelitiannya dengan dana pribadi, karena ia tetap ingin mengabdikan ilmunya kepada masyarakat luas.

“Saya ingin bantu masyarakat peternak untuk menemukan cara memperbanyak populasinya selain itu juga untuk melestarikan populasi sapi lokal yang mulai berkurang jumlahnya saat ini, padahal sapi lokal ini lebih menguntungkan daripada sapi impor,” pungkasnya. (pus)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

One thought on “Prof. Amin, Temukan Formula Sapi Beranak Kembar!

  • January 28, 2017 at 5:25 pm
    Permalink

    Semoga hasil penelitian Prof Amin ini benar-benar dapat dimanfaatkan oleh para peternak sapi lokal. Sehingga carut marut masalah impor daging sapi tidak akan terulang lagi.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Simak Yuk, Kisi Kisi USBN 2017!

Jelang pelaksanaan UN tahun 2017, guru dan siswa penting untuk mengetahui kisi-kisi soal UN 2017 dan Kisi Kisi USBN 2017...

Close