Universitas Gajayana Miliki Sejumlah Program Menarik, Apa Saja?

Infokampus.newsUniversitas Gajayana (Uniga) merupakan salah satu perguruan tinggi swasta di Malang yang didirikan oleh Yayasan Pendidikan Gajayana. Pada awal berdirinya di tahun 1980, yang yang berdiri sejak tahun 1980. Berlokasi di Jl. Mertojoyo L Merjosari Malang, Universitas Gajayana terakreditasi institusi dengan peringkat B memiliki 13 (tiga belas) program studi yang meliputi:

  Fakultas Prodi dan Status Akreditasi
1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis 1. Akuntansi (Akreditasi B)

2. Manajemen (Akreditasi B)

3. Ekonomi dan Perbankan (Akreditasi B)

2 Fakultas Ilmu Sosial dan Budaya 1. Bahasa Inggris (Akreditasi B)

2. Psikologi (Akreditasi B)

3.  Ilmu Komunikasi (Proses Reakreditas)

3 Fakultas Teknik dan Informatika 1. Sistem Informasi (Akreditasi B)

2. Teknik Mesin (Akreditasi B)

3. Teknik Elektro (Akreditasi B)

4. Teknik Industri (Prodi Baru)

5. Fisika (Prodi Baru)

4 Program Pascasarjana 1. Magister Akuntansi (Akreditasi B)

2. Magister Manajemen (Akreditasi A)

Universitas Gajayana memiliki suasana kampus yang nyaman untuk belajar dan melakukan aktivitas, didukung oleh sarana dan prasarana pembelajaran dan aktifitas kemahasiswaan yang sangat memadai. Menjadi pilihan yang tepat bagi siswa-siswi SMA/SMK/MA  yang mempunyai minat yang sesuai dengan Program Studi pilihan yang tersedia. Tahun akademik 2019-2020 ini Sejumlah program menarik ditawarkan. Simak informasi berikut ini.

Baca Juga :  Unisma Pelopori Destinasi Wisata Halal Kota Malang Lewat Bimtek SJH

 

1. English Active Programme

English Active Programme merupakan  program belajar Bahasa Inggris secara aktif dengan pembelajaran secara interaktif. Program ini menyelenggarakan pembelajaran berbahasa Inggris aktif bagi mahasiswa baru terutama dalam hal conversation. Program ini dikelola oleh Gajayana English Course  (GEC) Prodi Bahasa Inggris yang memiliki dosen berpengalaman lulusan perguruan tinggi dalam dan luar negeri sebagai tutor dalam proses pembelajaran. Mengadopsi metode pembelajaran Kampung Inggris, program ini memberikan kompetensi yang terstandar dan dilengkapi dengan sertifikat kompetensi.

 

2. Kewirausahaan

Program ini merupakan bagian dari implementasi misi Universitas Gajayana untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas dan mandiri. Program ini dikelola oleh Pusat Pengkajian dan Pengembangan Program Kewirausahaan (P4K). Berbagai macam kegiatan akan dilaksanakan untuk menumbuhkan jiwa enterpreneurship mahasiswa, di antaranya pelaksanaan kelas-kelas kewirausahaan, praktik-praktik kewirausahaan  kerja sama dengan pihak eksternal, festival wirausaha, serta kajian pengembangan kewirausahaan. Program ini bermuara pada pembentukan karakter dan mental berwirausaha bagi lulusan Universitas Gajayana.

 

3. Pembentukan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) UNIGA MALANG.

Program ini merupakan salah satu program unggulan di tahun 2019. Lembaga ini dibentuk untuk memberikan sertifikasi kompetensi bagi mahasiswa dan lulusan Universitas Gajayana sesuai dengan SKKNI. LSP UNIGA MALANG didirikan untuk memenuhi tuntutan kebutuhan stakeholder terhadap lulusan yang memiliki kompetensi yang terstandardisasi mengacu pada standar kompetensi nasional maupun internasional.

Baca Juga :  UM Selenggarakan International Conference on Islam, Economy and Halal Industry 2019

 

Baru-baru ini, Uniga melaksanakan MoU dengan Microsoft untuk program “Microsoft untuk Pendidika”. Saati ini seluruh komputer di Uniga baik komputer laboratorium maupun administrasi serta dan dosen-dosennya sudah mendapatkan lisensi resmi dari Microsoft.

program Universitas Gajayana 2019

Mengenai penerimaan mahasiswa baru (PMB) Uniga 2019 ini, Rektor menargetkan calon mahasiswa baru menembus angka 1500 baik untuk jenjang S1 maupun S2. Berbagai Program ditawarkan untuk admisi maba 2019. Di samping beasiswa Bidikmisi dan Beasiswa PPA dari Kemenristek Dikti yang kuotanya terus meningkat, sejumlah beasiswa yayasan pendidikan Gajayana diberikan diantaranya beasiswa bebas biaya pendidikan berupa bebas DPP dan SPP selama menempuh pendidikan di Uniga. Beasiswa ini diselenggarakan melalui program OSC, Beasiswa Bebas DPP bagi calon mahasiswa berprestasi, Beasiswa dari IKA Uniga. Beasiswa tersebut diberikan kepada maba yang masuk tahun 2019. Selama menempuh pendidikan di Uniga, mahasiswa juga diberi kesempatan untuk memperoleh beasiswa maupun penghargaan jika berprestasi.

Wakil Rektor I Dr. Umi Muawanah, S.E, M.Si. Ak., CA  memaparkan dengan peringkat akreditasi Institusi dan Program Studi yang dicapai saat ini, optimis target yang ditetapkan oleh Rektor akan bisa tercapai. Program peningkatan kualitas akademik maupun prestasi non akademik bagi mahasiswa yang terus dilaksanakan diharapkan akan terus menumbuhkan suasana akademik di kampus. Saat ini Uniga sedang merancang untuk digitalisasi perpustakaan. Harapannya di tahun 2019 ini, mahasiswa tidak perlu masuk ke perpustakaan untuk membaca maupun mencari referensi, tetapi bisa mengakses perpustakaan melalui smartphone yang dimilikinya. Yang juga sedang dikembangkan adalah pembelajaran daring (e learning) untuk menjawab perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan.

Baca Juga :  Program PKM Untuk Pengrajin Tahu Bapak Rahmat Di Desa Gedangsewu, Pare Kediri

Umi menambahkan bahwa sinergi dari  seluruh komponen dan civitas akademika Universitas Gajayana  untuk komitmen kualitas ini diharapkan mampu mendorong Uniga menjadi salah satu universitas unggul dan menjadi pilihan bagi lulusan SMA/SMK/MA. “Dengan ijin Allah, maka target bisa terpenuhi. Insya Allah,” tutupnya.  (pus)

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *