5 Program Pelatihan Google Untuk Tambah Skill, Lulusan Baru Bisa Ikut Lo!

Infokampus.news, Nasional– Ada program pelatihan Google yang bisa kalian ambil untuk menambah skill. Terlebih bagi kalian yang merupakan lulusan baru dan ingin mempersiapkan diri sebelum amsuk ke dunia kerja.

Apalagi saat ini persaingan di dunia kerja semakin ketat. Tak cukup hanya mengandalkan ilmu yang diperoleh selama kuliah dan sekolah. Dengan memanfaatkan pelatihan-pelatihan gratis seperti yang diberikan Google akan memberikan inside baru bagi kalian.

Program Pelatihan  Google

Google menyediakan program pelatihan dan beasiswa bagi mahasiswa dan lulusan baru. Raksasa teknologi ini menyatakan lima program pelatihan tersebut dilengkapi dengan sertifikat keahlian setelah peserta lulus. Lalu, apa saja itu? Simak ulasannya berikut.

1. Google Career Certificates

Google Career Certificates merupakan program sertifikat kesiapan karir yang saat ini dua modul pelatihannya yaitu IT support dan Data Analytics sudah tersedia dalam Bahasa Indonesia.

Tahun ini, Google menyediakan 10.000 beasiswa di mana 5.000 di antaranya diberikan kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melalui program Digital Talent Scholarship (DTS).

Program ini terbuka untuk siapa saja yang ingin belajar maupun memperdalam pengetahuannya di bidang teknologi informatika. Bagi kalian yang tertarik untuk mendalami program Desain UX, sebentar lagi kelas ini akan dibuka dan tersedia dalam bahasa Indonesia.

2. Google Developer Experts

Program Pelatihan Google dengan mentoring 3 bulan ini berfokus untuk mendukung orang-orang dari kelompok yang kurang terwakili dalam industri teknologi di dunia, agar bisa berkarya menjadi seorang Google Developer Experts dan bergabung dengan komunitas yang ada di dalamnya.

Walaupun ini program global, peserta tidak perlu takut karena pelatihan akan dilakukan sesuai dengan zona waktu dan bahasa asal setiap peserta, agar peserta tetap merasa nyaman untuk berkomunikasi.

Jika kalian memiliki minat untuk mengenal dan lebih mendalami tentang platform Android, bisa mengikuti program #JuaraAndroid dari Google Developers Indonesia yang akan hadir kembali di akhir tahun ini.

3. Digital Entrepreneurship Academy

Program Pelatihan Google  ini adalah bagian dari program Digital Talent Scholarship Kementerian Kominfo untuk bidang kewirausahaan yang juga bertujuan untuk mempercepat transformasi digital bidang kewirausahaan dalam rangka meningkatkan ekonomi digital.

Dalam program tersebut, Google memiliki kelas Google Digital Entrepreneurship, yakni pelatihan dengan fasilitator dari dua program Google, yaitu Gapura Digital dan Women Will.

4. Program akselerasi usaha kecil menengah (UKM)

Platform Kuncie menggandeng Google untuk menghadirkan 70 video pelatihan digital. Program Google yang ikut serta dalam kolaborasi ini adalah Gapura Digital dan Google Primer.

Video-video ini berisi pengetahuan digital agar pelaku UKM bisa kembali bangkit dan mengembangkan usaha mereka. Materi yang diberikan antara lain adalah Search Engine Optimization (SEO) dan Search Engine Marketing (SEM). Pengguna dapat mengunduh aplikasi Kuncie melalui website di kuncie.com/belajar atau dengan membuka link goo.gle/kuncie.

5. Generation Google Scholarship

Google memberikan kesempatan bagi perempuan di bidang ilmu komputer untuk mendapatkan beasiswa sebesar 1.000 dolar Amerika Serikat melalui Generation Google Scholarship. Dana tersebut bisa digunakan untuk biaya perkuliahan. Untuk tahun ini, beasiswa sudah diberikan dan programnya akan kembali hadir tahun depan.

Informasi lengkap dan pendaftaran dapat dilihat melalui laman https://buildyourfuture.withgoogle.com/scholarships/google-scholarship-recipients

Nah, itulah ulasan mengenai program pelatihan Google yang bisa menambah skill kalian. Program ini diperuntukkan bagi para lulusan baru atau fresh graduate ataupun mahasiswa yang sedang mempuh pendidikan.

 

(adinda)

Leave a Reply

Your email address will not be published.