Proporsi Makanan Ini Perlu Kamu Perhitungkan, Agar Dietmu Tidak Gagal Saat Lebaran!

Infokampus.news – Bagaimana sih mengatur proporsi makanan agar diet kita tidak gagal saat lebaran? Nah, lagi-lagi tim infokampus.news mengajak sang pakar kesehatan dan gizi untuk berbincang-bincang santai mengenai hal ini, yakni dengan salah satu dosen Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya Malang, Dian Handayani, SKM, M.Kes, Ph.D,.

Jika kamu memang salah satu cewek yang tidak bisa menjaga berat badan karena tergoda hidangan makanan saat lebaran jangan khawatir. Beberapa tips berikut dari ibu Dian ini cukup ampuh kok untuk menjaga dietmu agar tidak gagal.

1. Asupan Lemak dan Daging Setarakan Dengan Asupan Serat dan Vitamin

Saat lebaran Dian mengungkapkan kita harus menjaga asupan makanan kita, utamakan lebih banyak sayur dan buah daripada daging. Bagaimanapun daging tersebut, kalori yang ada di satu sendok sayuran dan satu sendok daging tidaklah sama, tentu lebih tinggi daging. “Kalau sudah makan daging sebanyak satu cangkir misalnya, upayakan makan buah satu cangkir juga, atau lebih.” Tuturnya.

2.Jika Terpaksa Makan Gorengan, Sebagian Saja

Gorengan, salah satu sumber kolesterol yang kita tidak bisa ukur seberapa kandungan lemak di dalamnya. “Gorengan itu kelihatannya kering, padahal dalam satu potong bisa saja isinya 1 sendok minyak bahkan lebih. Sudah begitu nutrisinya hilang banyak karena digoreng.”. Tambah dia. Namun Dian memberikan solusi nih, jika kalian terpaksa makan satu potong ayam goreng, menu yang lain jangan gorengan juga ya. Misal kalian ambil tahu atau tempe rebus agar aman.

3.Hitung Kebutuhan Kalori dari Proporsi Makanan Agar Diet Tidak Fail

Nah, ini sebenarnya yang paling penting kamu ketahui. Meskipun sedikit rumit karena kamu harus menghitung-hitung dengan angka, namun kamu harus paham kebutuhan dirimu sendiri, minimal kebutuhan dasar. “Cara menghitungnya dengan mengukur berat badan dikalikan 25 kalau perempuan cek google ada kok, ya itulah kebutuhan kalori dasar kita. Maksudnya kebutuhan energi basic seperti tidur duduk belum ditambah aktivitas lain seperti bekerja, olahraga dan sebagainya.” Tandasnya.

Nah, apakah kamu sudah menghitungnya sebelum lebaran ini agar jarum timbangan tidak melejit naik? Jika belum yuk hitung saat ini juga!

Itu tadi beberapa tips dari sang pakar kesehatan agar diet kamu tidak fail di saat lebaran nanti. Baiknya kamu ikuti saja deh sebelum angka timbangan kamu nanti benar-benar naik setelah lebaran. (Pus)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ingin Perjalanan Arus Balik Kamu Makin Asyik?, Simak Tips Bermanfaat Berikut Ini!

Infokampus.news, Malang - Infokampus.news akan memberikan kamu tips-tips supaya arus balik kamu lebih simple, nyaman, dan tentunya aman.

Close