6 Prospek Kerja Sastra Inggris, Nomor 3 Gajinya Menggiurkan

Infokampus.news, Nasional– Prospek kerja Sastra Inggris selalu diminati dan dicari ketika mahasiswa Sastra Inggris ingin melamar pekerjaan.

Bahkan, jauh sebelum mengambil keputusan untuk memilih kuliah di jurusan sastra inggris, banyak dari mereka yang mencari tahu apa saja prospek kerja dan gaji yang akan didapat. 

Banyak yang mengira bahwa pilihan karir lulusan sastra inggris itu sedikit dan satu-satunya peluang untuk lulusan sastra inggris adalah menjadi pengajar.

Tak sedikit dari mereka yang meremehkan jurusan sastra inggris dimana banyak yang mengira bahwa kuliah di sastra inggris sama halnya mempelajari bahasa inggris seperti di tempat kursus bahasa inggris

Padahal, dengan kuliah di jurusan sastra inggris kamu bisa bekerja di banyak bidang dan tentunya dengan gaji yang tinggi. Beberapa Prospek Kerja Sastra Inggris justru terbilang menjajikan. 

Pada dasarnya, kuliah jurusan sastra inggris akan mengasah keterampilan-keterampilan penting untuk dunia kerja seperti menganalisa kata-kata, membaca teks, berpikir kritis, meneliti, berkomunikasi secara efektif, dan masih banyak lagi. 

Keterampilan-keterampilan seperti itu sangat dicari di perusahan pada era digital ini. Banyak dari perusahaan yang memerlukan karyawan yang ahli dan memahami seni berbicara, bahasa, dan komunikasi secara dalam. 

Secara garis besar, jurusan sastra inggris memang mempelajari bahasa Inggris, sastra, budaya, bahkan bahasa asing lainnya. Namun, di jurusan ini kamu juga akan belajar komunikasi efektif, menulis secara terstruktur, memahami sejarah, maupun ideologi lintas budaya. 

Baca Juga :  Manfaat Vitamin C 500mg Untuk Tubuh, Menjaga Daya Tahan Tubuh!

Prospek Kerja Sastra Inggris

Sastra inggris merupakan salah satu jurusan dengan prospek kerja yang cukup menjanjikan, mengingat bahasa inggris merupakan bahasa internasional yang banyak digunakan dan berguna di mana saja. Berikut ini beberapa prospek kerja sastra inggris: 

1. Penerjemah

Prospek Kerja Sastra Inggris

Seorang translator (penerjemah tertulis) bertugas untuk menerjemahkan karya tulis seperti novel, buku cerita anak, cerita pendek, dokumen, dan lainnya. Selain itu, kamu juga bisa menjadi penerjemah tersumpah untuk menerjemahkan dokumen legal, akademis, finansial, dan lainnya. 

Sedangkan interpreter bertugas untuk menerjemahkan bahasa inggris secara lisan (real time) untuk pemerintah, pertemuan antar negara, perusahaan swasta, sekolah, rumah sakit, dan masih banyak lagi. 

Kisaran gaji yang didapat oleh penerjemah sekitar Rp 5.000.000 – 7.000.000 per bulan di perusahaan nasional. Tentunya besaran gaji di perusahaan asing akan lebih tinggi lagi.

2. Jurnalis

Prospek Kerja Sastra Inggris

Prospek Kerja Sastra Inggris berikutnya adalah jurnalis. Profesi ini merupakan jenis pekerjaan yang menantang dengan iklim kerja yang kompetitif dan punya jenjang karir. Jurnalis dapat bekerja dimana saja, seperti surat kabar, media online, televisi, maupun majalah.

Pekerjaan seorang jurnalis itu termasuk menulis, mengedit, dan menyerahkan sebuah copy. Seorang jurnalis dapat menulis tentang apapun, mulai dari isu politik, sosial, hingga olahraga dan hiburan. 

Skill yang dibutuhkan untuk menjadi seorang jurnalis seperti keterampilan menulis yang baik, mampu menganalisa, melakukan observasi, riset, ketelitian, literasi digital, dan kemampuan komunikasi yang baik.

Baca Juga :  Resmi Diubah! UTBK 2023 Tanpa Tes Mata Pelajaran, Simak Alasannya

kisaran gaji yang didapat oleh seorang jurnalis biasanya sekitar Rp 1.000.000 – Rp 5.000.000 per bulan. 

3. Ahli Bahasa Forensik (Forensic Linguist)

Prospek Kerja Sastra Inggris

Ahli bahasa forensik menjadi salah satu Prospek Kerja Sastra Inggris. Pekerjaan ini akan menerapkan ilmu linguistik pada bidang medis, hukum, investigasi peradilan, persidangan, dan bahasa.

Seorang ahli bahasa forensik bertugas untuk menganalisa rekaman surat, surat bunuh diri, panggilan darurat, dan komunikasi ancaman untuk membantu firma hukum, pemerintah, atau polisi dalam menyelidiki dan menyelesaikan suatu kasus. 

Skill yang dibutuhkan untuk menjadi seorang ahli bahasa forensik adalah pengetahuan pada ilmu linguistik, ilmu forensik, dan ilmu hukum. 

Kisaran gaji yang didapat oleh seorang ahli bahasa forensik di Amerika Serikat atau Inggris berkisar Rp 500.000.000 – 800.000.000. Bahkan untuk seorang yang sudah berpengalaman bisa mencapai 1 Milyar. 

4. Pemandu Wisata (Tour Guide)

Prospek Kerja Sastra Inggris

Prospek Kerja Sastra Inggris selanjutnya adalah pemandu wisata. Pekerjaan yang satu ini adalah untuk memperkenalkan dan menjelaskan mengenai destinasi wisata yang dikunjungi oleh turis asing dengan bahasa inggris yang mudah dipahami. Seorang pemandu wisata juga dapat bekerja paruh waktu di tempat destinasi tertentu atau bergabung dengan agensi tur wisata. 

Skill yang dibutuhkan oleh seorang pemandu wisata adalah pengetahuan tentang area wisata yang dikunjungi, kemampuan untuk berkomunikasi secara efektif, dan berkarisma. 

Kisaran gaji yang didapat oleh seorang pemandu wisata berkisar Rp 2.000.000 – 6.000.000 per bulan. 

Baca Juga :  Intip Para Pemenang Kompetisi Menulis Artikel Digitalisasi Kampus menuju World Class University

5. Penulis Konten (Content Writer)

Prospek Kerja Sastra Inggris

Saat ini, semakin banyak perusahaan nasional yang membutuhkan penulis konten bahasa inggris. Selain bekerja di perusahaan, kamu juga bisa menjadi penulis konten lepas (freelance content writer) dan menulis konten untuk industri yang berbeda-beda. 

Tugas dari seorang content writer adalah menulis konten dalam bahasa inggris untuk situs web, majalah, koran, konten instagram, jurnal, dan juga buku.

Skill yang dibutuhkan untuk menjadi seorang content writer adalah kemampuan menulis dengan gaya tulis yang berbeda-beda, menganalisa, dan membaca secara teliti. Menguasai tata bahasa dan kosa kata yang luas juga sangat diperlukan untuk menjadi seorang content writer.

Kisaran gaji yang didapat berkisar Rp 4.000.000 – Rp 5.000.000 (penulis konten full time), Rp 2.000.000 – 4.000.000 per bulan (penulis konten lepas). 

6. Diplomat

Prospek Kerja Sastra Inggris

Prospek Kerja Sastra Inggris terakhir yakni diplomat. Seorang diplomat biasanya mewakili negara dalam suatu pertemuan untuk melakukan diplomasi dan membangun hubungan yang baik antar negara. 

Seorang diplomat juga bertugas untuk mengembangkan kebijakan strategi terhadap berbagai negara, mempromosikan investasi luar negeri ke negara yang diwakilkan, dan lainnya. 

Skill yang dibutuhkan tentunya harus fasih dalam bahasa inggris maupun bahasa asing lainnya, kemampuan bernegosiasi, analitis, memiliki sikap kepemimpinan, dan mampu berkomunikasi secara efektif. Kisaran gaji yang didapat oleh seorang diplomat berkisar Rp 4.000.000 – Rp 10.000.000.

Nah, itulah beberapa Prospek Kerja Sastra Inggris yang bisa dipilih. (mewinsta/adn)

Leave a Reply

Your email address will not be published.