Yuk Simak 5 Prospek Kerja Teknik Industri Berikut Ini!

Infokampus.news – Secara umum, teknik industri dikenal sebagai perpaduan antara teknik dan manajemen. Menurut survei di beberapa negara, prospek kerja teknik industri adalah salah satu yang paling luas dan bergaji tinggi.

Jika bidang teknik yang lain menerapkan keterampilan pada wilayah yang spesifik, misalnya jurusan teknik mesin membahas tentang penerapan ilmu fisika untuk segala proses mekanik, jurusan teknik arsitektur membahas tentang bangunan, jurusan teknik informatika membahas tentang penerapan prinsip-prinsip ilmu komputer dan analisis matematisnya, maka jurusan teknik industri memberikan pelakunya untuk bekerja pada banyak bidang yang berbeda.

Teknik industri mengkolaborasikan berbagai disiplin ilmu yang terlibat dalam sebuah proses industri. Yang paling membedakan teknik industri dengan teknik lainnya adalah fleksibilitasnya. Jurusan ini membahas industri secara luas sehingga dapat melibatkan pembahasan bidang keteknikan lainnya, oleh karena itu prospek kerja teknik industri ini menjadi sangat luas.

Prospek Kerja Teknik Industri
  1. Divisi Produksi

Tenaga kerja dengan latar belakang pendidikan Teknik Industri akan mendapatkan kepercayaan untuk ambil bagian dalam divisi produksi. Sebab semasa kuliah, mahasiswa jurusan teknik industri mendapatkan pengetahuan di bidang proses produksi seperti mata kuliah Simulasi Sistem dan Perancangan Tata Letak Pabrik.

Baca Juga :  Surya Paloh Dapat Gelar Doktor Honoris Causa dari Universitas Brawijaya

 

  1. Divisi Engineering

Divisi ini bertanggung jawab akan kelancaran mesin-mesin produksi untuk dapat beroperasi sesuai dengan kapasitas mesin tersebut.

 

  1. Divisi Manajemen SDM

Divisi yang biasa dikenal dengan bagian Human Resources Development (HRD). ini bertanggung jawab untuk mencari calon pekerja yang dibutuhkan oleh setiap divisi di dalam suatu perusahaan. Hal ini dilakukan agar perusahaan mendapatkan orang yang tepat pada posisi yang tepat.

 

  1. Divisi Perencanaan Biaya

Divisi Perencanaan Biaya adalah suatu divisi yang bertanggung jawab dalam membuat kalkulasi biaya, waktu dan tenaga yang diperlukan untuk menjalankan sebuah produksi. Mahasiswa teknik industri pasti memiliki dasar-dasar untuk bidang ini, sebab manajemen adalah salah satu bidang yang dipelajari saat kuliah.

 

  1. Divisi Pengendalian Mutu

Divisi ini biasa dikenal dengan divisi Quality Control. Umumnya seorang mahasiswa lulusan jurusan teknik industri dipercaya untuk menjabat sebagai Quality Assurance Head dimana posisi ini harus dapat mengatur setiap bawahannya untuk dapat bekerja dengan efisien dan efektif di dalam menjaga kualitas barang hasil produksi.

Baca Juga :  AIABI Gelar Kongres dan Seminar Nasional di FIA Universitas Brawijaya, Salah Satu Agenda Pilih Ketum Baru!

Itu tadi beberapa prospek kerja Teknik Industri yang banyak di cari di dunia pekerjaan. Jika tertarik dengan dunia teknik industri, hapuskan semua keraguanmu. Semoga bermanfaat! (him)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.