Yuk Simak 5 Prospek Kerja Teknik Industri Berikut Ini!

Infokampus.news – Secara umum, teknik industri dikenal sebagai perpaduan antara teknik dan manajemen. Menurut survei di beberapa negara, prospek kerja teknik industri adalah salah satu yang paling luas dan bergaji tinggi.

Jika bidang teknik yang lain menerapkan keterampilan pada wilayah yang spesifik, misalnya jurusan teknik mesin membahas tentang penerapan ilmu fisika untuk segala proses mekanik, jurusan teknik arsitektur membahas tentang bangunan, jurusan teknik informatika membahas tentang penerapan prinsip-prinsip ilmu komputer dan analisis matematisnya, maka jurusan teknik industri memberikan pelakunya untuk bekerja pada banyak bidang yang berbeda.

Teknik industri mengkolaborasikan berbagai disiplin ilmu yang terlibat dalam sebuah proses industri. Yang paling membedakan teknik industri dengan teknik lainnya adalah fleksibilitasnya. Jurusan ini membahas industri secara luas sehingga dapat melibatkan pembahasan bidang keteknikan lainnya, oleh karena itu prospek kerja teknik industri ini menjadi sangat luas.

Prospek Kerja Teknik Industri
  1. Divisi Produksi

Tenaga kerja dengan latar belakang pendidikan Teknik Industri akan mendapatkan kepercayaan untuk ambil bagian dalam divisi produksi. Sebab semasa kuliah, mahasiswa jurusan teknik industri mendapatkan pengetahuan di bidang proses produksi seperti mata kuliah Simulasi Sistem dan Perancangan Tata Letak Pabrik.

 

  1. Divisi Engineering

Divisi ini bertanggung jawab akan kelancaran mesin-mesin produksi untuk dapat beroperasi sesuai dengan kapasitas mesin tersebut.

 

  1. Divisi Manajemen SDM

Divisi yang biasa dikenal dengan bagian Human Resources Development (HRD). ini bertanggung jawab untuk mencari calon pekerja yang dibutuhkan oleh setiap divisi di dalam suatu perusahaan. Hal ini dilakukan agar perusahaan mendapatkan orang yang tepat pada posisi yang tepat.

 

  1. Divisi Perencanaan Biaya

Divisi Perencanaan Biaya adalah suatu divisi yang bertanggung jawab dalam membuat kalkulasi biaya, waktu dan tenaga yang diperlukan untuk menjalankan sebuah produksi. Mahasiswa teknik industri pasti memiliki dasar-dasar untuk bidang ini, sebab manajemen adalah salah satu bidang yang dipelajari saat kuliah.

 

  1. Divisi Pengendalian Mutu

Divisi ini biasa dikenal dengan divisi Quality Control. Umumnya seorang mahasiswa lulusan jurusan teknik industri dipercaya untuk menjabat sebagai Quality Assurance Head dimana posisi ini harus dapat mengatur setiap bawahannya untuk dapat bekerja dengan efisien dan efektif di dalam menjaga kualitas barang hasil produksi.

Itu tadi beberapa prospek kerja Teknik Industri yang banyak di cari di dunia pekerjaan. Jika tertarik dengan dunia teknik industri, hapuskan semua keraguanmu. Semoga bermanfaat! (him)

 

 

Berita Terkait

  • Infokampus.news - Kolaborasi dua bidang ilmu, Saintek dan Soshum, adalah gambaran singkat mengenai jurusan Teknik Industri. Seiring dengan perekonomian Indonesia yang sedang berkembang, banyak industri yang melaju pesat. Tak seperti jurusan teknik yang lain, Teknik Industri punya keunikan lintas berbagai disiplin ilmu, khususnya manajemen. Lapangan kerja pun terbuka lebar. Nah, Sobat FoKus yang ingin terjun di bidang Teknik Industri wajib menyimak rekomendasi kampus dengan program studi S1 Teknik Industri yang…
  • Infokampus.news – Kementerian Perindustrian melalui program rekrutmennya saat ini membutuhkan lowongan CPNS terbaru pada bulan Oktober 2018. Nah untuk mencari calon-calon tenaga kerja yang siap diterjunkan ke setiap lini atau divisi kerja dalam instansi yang sedang membutuhkannya. Adapun persyaratan CPNS tahun ini adalah pencari kerja wajib memvalidasi berkas di 18 titik yang sudah ditentukan sebagaimana tercantum dalam lampiran 1, pencari ekrja membawa dokumen persyaratn administrasi dan wajib mengikuti ketentuan validasi…
  • Infokampus.news – Pasti kamu pernah nonton film yang mengisahkan bahwa di amsa depan, superioritas manusia telah digantikan oleh robot dan teknologi. Yap! Saat ini kita sudah mulai merasakan diskriminasi dimana manusia seakan sudah tidak berguna lagi karena dijajah kecanggihan teknologi. Farmasi Tahukah kamu kalau sekarang sudah banyak sekali toko obat yang beralih dari sistem konvensiopnal ke sistem cerdan nan efektid seperti pick up atau drop off? Memang, peracikan masih dilakukan…

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
s1 teknik industri
Kampus dengan Prodi S1 Teknik Industri Terakreditasi “A”

Infokampus.news - Kolaborasi dua bidang ilmu, Saintek dan Soshum, adalah gambaran singkat mengenai jurusan Teknik Industri. Seiring dengan perekonomian Indonesia

Close