Psikologi UM dan Himpsi Malang Kumpulkan 350 Relawan untuk Beri Psikoedukasi Prevensi Bunuh Diri

INFOKAMPUS.NEWS – Fakultas Pendidikan Psikologi (FPPSI) Universitas Negeri Malang  (UM) bekerjasama dengan Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) Cabang Malang  mengumpulkan 350 Relawan Psikolog dan Ilmuwan Psikologi mengadakan Bimbingan Teknis Psikoedukasi dengan tema “Ayo Bahagia” sebagai salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan sosial kemasyarakatan, terutama upaya pencegahan bunuh diri (25/10/19).

HIMPSI Malang & FPPSI UM

Contoh Kasus bunuh diri terbaru adalah Kasus salah satu artis  anggota girlband Korea, F(X) yaitu Sulli. Terlepas dari ketenaran yang telah diperoleh dan memiliki keuangan yang mencukupi, namun tidak menghindarkan dirinya dari depresi yang akut dan sampai kepada bunuh diri.

Ketua Bidang Pengabdian Masyarakat Himpsi Malang, Nirma Yullidya, M.Psi  menyampaikan bahwa pemilihan tema “Ayo Bahagia” disesuaikan dengan tema pokok dari World Health Organization (WHO) tahun  2019, yaitu keprihatinan atas meningkatnya kasus bunuh diri ini.

“Kita kumpulkan volenteer dari kalangan psikologi baik psikolog, ilmuwan termasuk mahasiswa agar mengedukasi masyarakat mengajak bahagia untuk menekan angka kasus bunuh diri” ungkapnya.

Gerakan Psikoedukasi Ayo Bahagia ini  dilaksanakan pada Hari Minggu 27 Oktober 2019 di Car Free Day Jalan Ijen Kota Malang dalam bentuk pembagian brosur yang berupa tips-tips Ayo Bahagia dan pengukuran skala depresi kepada pengunjung CFD. 350 relawan diharapkan mampu menjangkau lebih dari 3000 orang.

Baca Juga :  ITN Malang Resmikan Pura Kampus Pertama di Malang

Ketua Pelaksana Gerakan Psikoedukasi Ayo Bahagia, Ratih Damayanti, M. Psi Psikolog menyampaikan pula bahwasaat di CFD, relawan membagikan brosur dan mengajak pengunjung CFD melakukan flashmob” ayo bahagi”a dan aksi teatrikal pencegahan bunuh diri. Adapun titik kumpul ada di depan Museum Brawijaya jam 6 pagi.

Kegiatan Bimtek terbagi dalam tiga sesi pagi siang dan sore dengan pembekalan tentang strategi komunikasi personal serta kode etik psikologi jika dilapangan di dapati kasus psikologi. Peserta bimtek yang berasal semua perguruan tinggi se malang raya yang ada Jurusan Psikologi yaitu UMM, UB, UNIRA, UNIGA, UM, UIN, UNIDA dam UNMER.

Adapun materi disampaikan oleh Ratih Damayanti, S.Psi, M.Psi, Psikolog, Aryudho Widyatno, S.Psi, M.A., Adhyatman Prabowo, S.Psi, M.Psi, Psikolog., Luthfiatus Zuhro, S.Psi, M.Psi, Psikolog, Nirma Yullidya, S.Psi, M.Psi, Psikolog, Daisy Prawitasari S.Psi, M.Psi, Psikolog, Wulida Azmiya El Rifqiya, S.Psi, M.Psi, Psikolog yang semuanya adalah pengurus Himpsi Malang. (Rfl)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *