Top 10 PTN Terbaik di Luar Jawa Versi Ristekdikti

Infokampus.news – Indonesia merupakan negeri yang sangat luas, yang daratannya terpisah-pisah oleh lautan. Karena wilayah Indonesia terbagi atas pulau-pulau besar dan pulau-pulau kecil, maka tidak mungkin jika semua mahasiswa tertampung dalam satu pulau tertentu. Kali ini, Infokampus.news akan membahas kampus-kampus terbaik di luar Jawa. Selama ini, peringkat-peringkat tertinggi universitas terbaik di Indonesia didominasi oleh PTN di Pulau Jawa. Namun ternyata PTN-PTN di luar Jawa ini tak kalah berkualitas lho. Satu per satu PTN di Sulawesi, Sumatra, dan lain-lain mulai menyusul tangga peringkat atas kategori PTN terbaik versi Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Berikut ini adalah daftar 10 PTN terbaik di luar Jawa versi Ristekdikti yang bisa dijadikan pilihan-pilihan utama oleh Sobat FoKus.

10 PTN Terbaik di Luar Jawa
1. Universitas Hasanuddin

Universitas Hasanuddin (Unhas) merupakan sebuah perguruan tinggi negeri di kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia, yang berdiri pada 10 September 1956. Dalam pemeringkatan perguruan tinggi 2018 oleh Ristekdikti, Unhas menempati posisi ke-8 tingkat nasional. Meskipun terletak jauh dari wilayah pusat negara alias ibukota, UNHAS tak kalah hebat dengan kampus-kampus yang lain, terbukti dengan lahirnya sejumlah nama-nama besar dari kampus ini, yang mempunyai peran penting dalam sejarah pemerintahan Indonesia seperti Wakil Presiden Jusuf Kalla dan mantan ketua KPK Abraham Samad.

2. Universitas Andalas

Universitas Andalas (Unand) merupakan salah satu PTN yang terletak di Kota Padang, Sumatera Barat, Indonesia. Unand merupakan universitas tertua di luar Pulau Jawa yang dibuka secara resmi pada tanggal 23 Desember 1955 oleh Wakil Presiden Mohammad Hatta. Unand merupakan kampus yang asri. Walau cuaca Kota Padang umumnya terasa panas, ketika memasuki gerbang Universitas Andalas, pemandangan hijau yang tertata apik langsung menyambutmu. Sejauh ini, Unand senantiasa melahirkan sumber daya manusia yang berhasil di dunia karir. Tahun 2009 lalu, Majalah Tempo menempatkan Universitas Andalas di peringkat ke-14 atau posisi pertama di luar Pulau Jawa dalam analisisnya terhadap kapasitas alumninya yang diserap oleh dunia usaha.

3. Universitas Sumatera Utara

Universitas Sumatera Utara (USU) adalah sebuah PTN yang berlokasi di Kota Medan, Indonesia. USU adalah salah satu universitas terbaik di pulau Sumatera. USU merupakan salah satu PTN dengan biaya pendidikan terendah di Indonesia. Meskipun demikian, USU tetap melengkapi fasilitas akademik dan non-akademik sesuai dengan standar universitas terbaik seperti UI, UGM, dan UNAIR. Soal alumnus, lulusan USU juga banyak yang telah berkiprah di tingkat nasional, seperti Surya Paloh, pemilik stasiun Metro TV dan koran Media Indonesia.

4. Universitas Udayana

Universitas Udayana (Unud) merupakan PTN di Bali, Indonesia, yang berdiri pada 29 September 1962. Rektor yang tengah menjabat saat ini adalah Prof. Dr. dr. Anak Agung Raka Sudewi, Sp.S. Unud merupakan perguruan tinggi negeri terbaik di wilayah Bali. Berdasarkan data resmi yang dirilis oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) tahun 2018 tentang peringkat perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia, Universitas Udayana menduduki peringkat ke-18. Salah satu keuntungan berkuliah di Unud adalah lokasinya yang berada di Denpasar, Bali. Bali memangJika kamu menuntut ilmu di Universitas Udayana, hal ini menjadi kesempatan emas bagi kamu untuk dapat berkomunikasi langsung dengan para turis.

5. Universitas Negeri Makassar

Universitas Negeri Makassar (UNM) adalah PTN di Makassar, Indonesia, yang berdiri pada 1 Agustus 1961.

6. Universitas Lampung

Universitas Lampung (Unila) adalah PTN pertama dan tertua di Provinsi Lampung, Indonesia. Hari jadi Unila ditetapkan pada tanggal 23 September 1965, berdasarkan pada keluarnya Surat Keputusan Menteri PTIP yang menetapkan berdirinya Unila.

7. Universitas Riau

Universitas Riau (Unri) adalah PTN di Pekanbaru, Indonesia, yang berdiri pada 25 September 1962. Pendirian Unri bermula dari keinginan masyarakat dan pemerintah daerah Riau untuk memiliki Perguruan Tinggi Negeri.

8. Universitas Negeri Medan

Universitas Negeri Medan (Unimed) adalah salah satu PTN di Sumatera Utara, Indonesia. Meskipun bernama Universitas Negeri Medan, kampus Universitas Negeri Medan berlokasi di Jalan Willem Iskandar, Pasar V Medan Estate, Percut Sei Tuan, Deli Serdang (dekat perbatasan Kota Medan).

9. Universitas Negeri Padang

Universitas Negeri Padang (UNP) adalah PTN di Padang, Sumatera Barat, Indonesia, yang berdiri pada 1 September 1954. Kampus utama UNP berlokasi di Jln. Prof. Dr. Hamka, Air Tawar, Kota Padang.

10. Universitas Syiah Kuala

Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) adalah salah satu PTN di Serambi Makkah. Universitas yang berdiri pada 2 September 1961 ini terletak di Banda Aceh, tepatnya di Darussalam.

Sobat FoKus sudah familiar kan dengan nama-nama PTN terbaik di luar Jawa tersebut? Terbukti bahwa kualitas pendidikan tinggi di Indonesia mulai merata. Kampus-kampus tersebut bisa menjadi pilihan Sobat FoKus pada SNMPTN mendatang. Semoga bermanfaat! (him)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.