SBMPTN Bukan Jalan Terakhir: Ini Daftar PTS Terbaik Versi Kemenristekdikti 2019

INFOKAMPUS.NEWS – Hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019 akan diumumkan hari ini, Selasa (9/7/2019) melalui website LTMPT. Ratusan ribu mahasiswa sedang harap-harap cemas menanti momen penentuan apakah mereka lolos di perguruan tinggi negeri (PTN) pilihan atau berpaling ke PTS terbaik di luar sana.

Diperkirakan, terdapat kurang lebih 552.614 peserta yang gagal menembus PTN lewat jalur SBMPTN 2019. Sebab, dari seluruh jumlah peserta yang mendaftar, hanya sekitar 162.038 orang yang akan ditampung di 85 PTN yang masing-masing menyediakan kuota minimal 40 persen.

Dijelaskan dalam laman resmi LTMPT, penerimaan jalur SBMPTN sangat bergantung pada 6 hal yang meliputi: pilihan PTN, pilihan program studi (prodi), daya tampung/kuota prodi, jumlah peminat, nilai UTBK siswa, dan tingkat keketatan prodi.

Pemeringkatan nilai UTBK akan dilakukan secara otomatis oleh sistem baik dari komposisi UTBK gelombang pertama maupun gelombang kedua (bagi yang mengikuti tes dua kali).

Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Prof. Mohammad Nasir tempo hari mengatakan bahwa siswa yang belum berhasil lolos seleksi perguruan tinggi negeri tak perlu khawatir. Sebab, banyak sekali perguruan tinggi swasta (PTS) yang tak kalah berkualitas. Prof. Nasir mempersilakan siswa untuk mendaftar ke PTS yang terdaftar di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDPT).

Baca Juga :  Brawijaya Tourism Forum: Fokus Branding Wisata

14 PTS Terbaik versi Kemenristekdikti

Berdasarkan data pemeringkatan dari laman resmi Kemenristekdikti, PTS masuk dalam kluster 2 yang terdiri dari 72 perguruan tinggi swasta maupun negeri dari seluruh Indonesia.

Kemenristekdikti telah melakukan pemeringkatan 100 PT terbaik. Hasilnya sebagai berikut:

1. Universitas Islam Indonesia (UII)
2. Universitas Atma Jaya Jakarta
3. Universitas Telkom
4. Universitas Atma Jaya Yogyakarta
5. Universitas Katolik Parahyangan
6. Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)
7. Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS)
8. Universitas Soegijapranata
9. Universitas Bina Nusantara
10. Universitas Kristen Petra
11. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY)
12. Universitas Surabaya
13. Universitas Sanata Dharma
14. Universitas Tarumanegara

Keempat belas PTS tersebut bisa menjadi rujukan Sobat FoKus yang tahun ini belum berhasil masuk PTN lewat jalur SNMPTN dan SBMPTN. Semoga bermanfaat! (him)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *