Punya Potensi Besar, Pariwisata Kota Malang Harus Di Olah Lewat Startup Digital

Infokampus.news, Malang – Potensi pariwisata Malang Raya sangatlah besar bila di aplikasikan kedalam layanan Startup Digital. Hal tersebut diakui oleh CEO Tabook.co.id, Alvan Zaputra di talkshow Road To Ignition Gerakan 1000 Startup Digital. Menurutnya, Kota Malang sebagai kota destinasi wisata yang ramai dikunjungi oleh para wisatawan haruslah bisa dimanfaatkan oleh para mahasiswa untuk memanfaatkan peluang tersebut di ranah startup digital.
“Dengan label Malang sebagai kota wisata banyak potensi yang bisa di digali, misalkan saja di ranah travel, penywdiaan kendaraan, hotel dan lain sebagainya. Segmen startup pariwisata ini sebetulnya yang bisa dimanfaatkan di ranah kota wisata layaknya Malang,” Paparnya di Gedung Pariwisata Universitas Merdeka Malang (Unmer).

Banyak Destinasi Wisata Terbantu Oleh Medsos, CEO Beon : Ini Jadi Peluang Startup

Menambahkan, CEO Beon Intermedia, Danton Prabawanto juga berpendapat jika saat ini di Indonesia startup berkonten pariwisata masih jarang sekali ditemukan. Padahal, dengan destinasi wisata yang sangat banyak di Indonesia, harusnya pengembangan startup diranah ini lebih digencarkan. Dirinya mencontohkan bahwa perkembangan dunia pariwisata saat ini sangat amat terbantu dengan adanya media sosial.
“Misal kita ke pantai Tiga Warna, kita foto lalu upload di Instagram. Pasti banyak yang mendapat informasi kalau di Malang ada pantai bagus seperti tiga warna. Harusnya dengan potensi tersebut, mahasiswa bisa mengembangkannya kedalam ranah startup. Bayangkan bila kita mengembangkan di sebuah aplikasi travelling misalnya, perekonomian disekitar destinasi wisata seperti penginapan, souvenir, serta destinasi wisata itu sendiri pasti sangat maju,” Paparnya di hadapan Mahasiswa Pariwisata Unmer.

Peran Akademisi Penting Bagi Kemajuan Pariwisata Malang

Peran akademisi dalam mengembangka potensi pariwisata kota Malang memang diakui sangatlah penting. Koordinator Malang Creative Fusion, Vicky Wahyu berpendapat bahwa ilmu yang didapat mahasiswa di bangku perkuliahan harusnya bisa dikembangkan kddalam aksi nyata, salah satunya berupa startup. Dirinyabjuga mengapresiasi Program Studi UNMER sebagai kampus yang sudah update terkait kurikulum pariwisatanya.
“Kurikullum di Unmer ini sudah update dengan adanya pengetahuan tentang ekonomi kreatif melalui teknologi digital. Harapannya, mahasiswa pariwisata di Unmer sendiri mampu mengembangkan terus potensi wisata Kota Malang, apalagi seperti yang disampaikan sebelumnya segmen wisata di startup belum banyak,” Tutupnya. (uch)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Gerakan 1000 Startup Digital Ajak Mahasiswa Unmer Jadi Pahlawan Digital

target Gerakan 1000 Startup Digital agar Potensi Indonesia untuk menjadi The Digital Energy of Asia tahun 2020 nanti bisa terealisasikan.

Close