Puskesmas Online Garapan Mahasiswa Ini Bisa Jadi Solusi Berobat Efektif di Masa Depan

Infokampus.news, Malang – Puskesmas online garapan sekelompok mahasiswa yang ditampilkan dalam kompetisi yang digelar STMIK Asia Malang, Hackathon 1.0, kemarin (29/10) sangat menarik perhatian. Betapa tidak, nyatanya sekelompok mahasiswa yang menamakan diri ‘bukan dokter’ beranggotakan 3 orang Izzul fajar, Sisgiati Sari Putrid an Mia Eka Nur Izzatul ini berhasil merebut perhatian dewan juri dan menjadi juara umum.

Memang tidak bisa dipungkiri, aplikasi online milik mereka ini memang merupakan ide yang sangat brilian untuk menyelesaikan masalah pasien puskesmas.

“Aplikasi kami ini namanya Puskesmas Online yang mampu mengatasi kendala pasien yang sakit ya seperti tidak perlu repot membawa berkas ke puskesmas. Jadi tidak perlu mencari-cari ktp, maupun kartu anggota dan sebagainya tinggal membawa handphone ke puskesmas,” tukas Izul saat mempresentasikan aplikasi milik kelompoknya.

Puskesmas Online Dirancang Untuk Mudah Digunakan Seluruh Masyarakat di Berbagai Kalangan

Tentunya saat mendaftar, pasien perlu memasukkan beberapa data-data penting tersebut (re: KTP, KK, dan sebagainya) sebelum menggunakan aplikasi ini. Namun, dengan satu kali daftar menggunakan aplikasi, pasien nantinya bisa menggunakan data pada akun tersebut untuk digunakan di seluruh puskesmas yang ada di Indonesia.

“Dengan syarat pemerintah dan puskesmas itu sendiri sudah siap dengan kemajuan teknologi seperti ini,” tambahnya saat menjawab pertanyaan dewan juri.

Selain mudah dan efisien, aplikasi ini merupakan salah satu cara yang memudahkan petugas puskesmas untuk menghindari terjadinya rekap medis yang hilang saat disimpan dengan metode konvesional.

“Tapi masih akan kami kembangkan lagi tentunya, ini kan hanya untuk pasien dan petugas puskesmas saja lingkupnya. Kedepan kami akan tingkatkan mungkin hingga dalam lingkup dokter juga,” Tutupnya. (Pus) 

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Keren! STMIK Asia Malang Latih Mahasiswa Tidak Bermental Pegawai Lewat Hackaton 1.0

Hari ini (29/10) STMIK Asia Malang menggelar Hackaton 1.0 yang diikuti para mahasiswa dan alumni internal kampus

Close