Kreatif! 7 Kampus Ini Raih Rekor MURI di Tahun 2017

Infokampus.news – Siapa bilang berprestasi hanya bisa dilakukan oleh suatu individu atau kelompok tertentu? Kampus-kampus di bawah ini membuktikan bahwa berprestasi dalam menuangkan kreativitas bisa dilakukan oleh seluruh civitas akademika kampus dalam waktu yang bersamaan lho! Kampus-kampus di bawah inilah yang berhasil raih rekor MURI di Tahun 2017 berkat kreativitas dan kekompakannya. Siapa saja, nih? Yuk simak 7 kampus di bawah ini!

Ukir Prestasi Bersama, Kampus Ini Raih Rekor MURI di Tahun 2017
1. Membatik dengan Teknik Ikat Celup oleh Mahasiswa Terbanyak

Salah satu warisan budaya leluhur yang patut dilestarikan adalah batik. Batik telah menjadi jati diri bangsa Indonesia. Berangkat dari dasar pemikiran tersebut, pada tanggal 13 September 2017 Universitas PGRI Semarang menggelar suatu kegiatan dalam serangkaian Orientasi Mahasiswa Baru 2017 dengan tema “Batik sebagai Bentuk Apresiasi Budaya oleh Mahasiswa” dan slogan “UPGRIS Berbatik”. Sebanyak 2.251 mahasiswa membatik dengan teknik ikat celup atau yang biasa dikenal dengan teknik jumputan. Di hari itu, OMB itu UPGRIS penuh dengan semarak warna-warni di seluruh penjuru kampus. Inilah yang membuatnya menjadi rekoris MURI dengan kategori “Membatik dengan Teknik Ikat Celup oleh Mahasiswa Terbanyak” dengan nomor rekor 8095. Berbekal slogan tersebut, akan dibudayakan sehari dalam seminggu sebagai hari berbatik di lingkungan UPGRIS, dengan harapan mahasiswa bisa memupuk jati diri mereka untuk mencintai batik dan budaya Indonesia lainnya serta meninggalkan kesan dan makna pada Orientasi Mahasiswa Baru 2017.

2. Melukis Tas Berbahan Kain Blacu oleh Mahasiswa Terbanyak

Tahun 2017, Universitas Brawijaya (UB) Malang berulang tahun yang ke-55. Dies Natalis ke-55 ini digelar dengan tema “Keberagaman Nusantara”, dengan makna membingkai keberagaman, meningkatkan reputasi dan daya saing civitas akademika UB dari latar budaya yang berbeda-beda sebagai kekayaan yang harus dijaga dan dilestarikan. Salah satu implementasinya adalah dengan terselenggaranya kegiatan melukis di atas tas berbahan kain blacu yang diikuti oleh 1.437 mahasiswa dengan 10 macam motif bercorak Nusantara, seperti wayang, topeng, dan batik. Pemilihan tas berbahan blacu sebagai media disebabkan kain blacu terbuat dari 80% serat alami, yang mana sejalan dengan cita-cita UB menjadi kampus go-green. Selain bernilai estetis, tas ini juga bernilai guna sebagai pengganti tas plastik agar menciptakan generasi yang ramah lingkungan. Kegiatan yang dilaksanakan pada 18 November 2o17 ini berhasil meraih rekor MURI dengan kategori “Melukis Tas Berbahan Kain Blacu oleh Mahasiswa Terbanyak” dengan nomor rekor 8223.

3. Pajangan Poster Karya Ilmiah Terbanyak oleh Wisudawan

Dies Natalis selalu menjadi momen yang pas untuk menggelar suatu kegiatan yang fenomenal, seperti yang dihelat oleh Universitas Pakuan ini. Dalam rangka Dies Natalis Universitas Pakuan ke 37, pameran 637 poster karya ilmiah mahasiswa dan dosen Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Pakuan, Bogor. Karya Ilmiah hasil penelitian para dosen dan mahasiswa ini sudah banyak yang dimuat di jurnal nasional maupun internasional. Pameran yang digelar di Bogor pada tanggal 30 Oktober 2017 ini berhasil merebut nomor rekor 8189 MURI, dengan kategori “Pajangan Poster Karya Ilmiah Terbanyak oleh Wisudawan. Harapannya, pameran ini mampu membangkitkan semangat penelitian dari semua kalangan civitas akademika Universitas Pakuan.

 

4. Melantunkan Ayat Suci Alquran secara Berkesinambungan Terlama

MTQMN (Musabaqah Tilawatil Qur’an Mahasiswa tingkat Nasional) XV Tahun 2017 diselenggarakan di Universitas Brawijaya Malang dan Universitas Negeri Malang. Pertemuan 251 delegasi kampus dari seluruh Indonesia ini diharapkan bisa menjadi ajang silaturahmi, perkenalan, dan persahabatan. Salah satu dari rangkaian kegiatan MTQMN adalah dilaksanakannya khotmil quran secara berkesinambungan selama 7 x 24 jam nonstop. Peserta mencapai 2.222 mengkhatamkan Alquran sebanyak 70 kali yang terbagi menjadi 52 kali khatam melalui mushaf (dengan teknik membaca) dan 18 kali khatam bil ghaib (hafalan). Acara ini berlangsung selama tujuh hari berturut-turut dari tanggal 26 Juli hingga 2 Agustus 2017 yang diikuti oleh 10 Pondok Pesantren di Kota Malang, 42 sekolah, 3 majelis taklim, dan 8 hafidz cilik. Kegiatan ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi Panitia MTQMN XV Tahun 2017 dari Universitas Negeri Malang (UM) dan Universitas Brawijaya (UB) karena berhasil mencetak rekor MURI di tahun 2017 pula dengan nomor rekor 8012 kategori “Melantunkan Ayat Suci Alquran secara Berkesinambungan Terlama”.

5. Konfigurasi Bendera Merah Putih dari Gelas Air Mineral Terbanyak

Akademi Pariwisata dan Universitas Bunda Mulia (UBM) menyelenggarakan kegiatan penyambutan mahasiswa bertajuk Welcoming Freshmen 2017 dengan tema “Lakukan Terobosan Hebat” yang dilaksanakan selama 3 hari dari tanggal 7-9 Agustus 2017 bertempat di UBM Kampus Ancol. Kegiatan digelar untuk menyambut dan mempersiapkan mahasiswa baru tahun ajaran 2017/2018, agar dapat menyesuaikan diri dengan sistem pendidikan di perguruan tinggi yang jauh berbeda dengan sistem pendidikan di Sekolah Menengah. Salah satu rangkaian kegiatannya adalah dengan membentuk konfigurasi bendera merah putih dari gelas air mineral sebanyak 16.200 buah dengan bidang persegi panjang berukuran 7,2 meter x 14,4 meter. Konfigurasi bendera inilah yang meraih rekor MURI di tahun 2017 lalu kategori “Konfigurasi Bendera Merah Putih dari Gelas Air Mineral Terbanyak” dengan nomor rekor 8018.

6. Menanam Tanaman Anti Nyamuk dengan Jenis Terbanyak

Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Yogyakarta menggelar acara bertema “Mewujudkan Indonesia Sehat dengan Pengendalian Penyakit Tular Vektor” dalam rangka memperingati Hari Pengendalian Nyamuk. Sebagai penanggulangan atas kerugian yang ditimbulkan oleh berbagai penyakit akibat penularan vektor nyamuk, perlu adanya pemutusan rantai penularan dengan mencegah gigitan nyamuk, antara lain pemasangan kelambu, penggunaan losion anti nyamuk, dan penanaman tanaman pengusir nyamuk. Acara yang digelar pada tanggal 24 Agustus 2017 ini melakukan salah satu upaya tersebut yang tercatat dalam MURI dengan nomor rekor 8092 yakni dengan menanam tanaman anti nyamuk dengan jenis terbanyak, sekitar 27 jenis tanaman meliputi serai wangi, catnip, merygold, daun selasih, lavender, bawang putih, bunga rosemary, bunga geranium, zodia hijau, zodia kuning, kecombrang, akar wangi, mintrosa of lady diana, suren, bunga krisan, bunga kamboja, cengkeh, kayu putih dan daun mimba, lemon balm, lengkuas, bunga matahari, keningkir, sirih hijau, sirih merah, brotowali dan mindi. Selain Poltekkes Kemenkes Yogyakarta, rekoris untuk kategori ini juga termasuk Kementerian Kesehatan Republik Indonesia; Direktorat Pencegahan Pengendalian Penyakit Tular Vektor dan Zoonotik dan Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

7. Pagelaran Wayang dengan Kelir Terpanjang

Dalam rangka Dies Natalis yang ke-41, Universitas Sebelas Maret (UNS) menggelar pagelaran wayang kulit dengan kelir (layar) sepanjang 63,5 meter yang melibatkan 11 dalang dan 111 waranggana/swarawati/sinden. Pagelaran yang digelar pada 18 Maret 2017 ini menampilkan lakon “Mbangun Sapta Arga”. Pagelaran ini menjadi sebuah pengingat bahwa Indonesia memiliki budaya luhur yang sepatutnya dilestarikan dan bahwa Indonesia memiliki kesenian tradisional unik yang tidak dimiliki oleh bangsa lain. Karena kegiatan ini digelar bekerja sama dengan Himpunan Masyarakat Peduli Indonesia (HMPI) dan Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta, maka ketiga institusi ini bersama-sama pula menyabet rekor MURI di tahun 2017 dengan nomor 7852 kategori “Pagelaran Wayang dengan Kelir Terpanjang”.

 

Itu tadi bukti bahwa civitas akademika bisa berkreativitas tanpa batas. Rekor MURI di Tahun 2017 yang didapatkan oleh kampus-kampus di atas diraih dengan kerja sama dan kekompakan lho. Ingin meraih penghargaan dari Museum Rekor terbesar di Indonesia? Kini giliranmu untuk menjadi penggerak kreativitas kampus dan raih rekor MURI di Tahun 2018! (him)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ingin Kuliah di Belanda? Simak Daftar Beasiswa Berikut Ini!

Infokampus.news - Mengapa kuliah di Belanda patut untuk dipertimbangkan? Sebab, Belanda adalah salah satu negara dengan kualitas pendidikan terbaik di

Close