Ramadhan Kok Malah Tambah Gemuk?

Infokampus.news, Malang – Bulan Ramadhan identik dengan puasa yang notabene mengatur waktu konsumsi makanan. Tapi beberapa orang justru malah naik berat badannya selama bulan puasa, terutama di bagian perut yang menghasilkan perut buncit. Mengapa dan bagaimana cara mengatasinya? Berikut adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mengecilkan perut buncit Anda yang kami dapat dari Putra Indonesia Malang:

Batasi Konsumsi Gula Dan Karbohidrat

Meskipun gula menambah nikmat makanan/minuman yang Anda konsumsi, gula mengandung fruktosa yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan jika dikonsumsi berlebihan. Bahkan, sebuah studi menemukan bahwa terdapat hubungan antara asupan gula tinggi dengan peningkatan lemak perut. Studi juga menemukan bahwa ketika Anda membatasi konsumsi karbohidrat, hal tersebut dapat menurunkan nafsu makan dan menurunkan berat badan. Selain itu, konsumsi rendah karbohidrat juga dapat mencegah diabetes tipe 2.

Perbanyak Konsumsi Protein

Protein (seperti daging, ikan, telur, susu atau kacang) adalah nutrisi yang sangat penting untuk mengendalikan berat badan. Asupan protein tinggi dapat meningkatkan pelepasan hormon yang dapat mengurangi nafsu makan dan menandakan bahwa Anda sudah kenyang. Protein juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh serta mempertahankan massa otot selama penurunan berat badan. Sebuah studi menemukan bahwa orang yang konsumsi lebih banyak protein cenderung memiliki lemak perut lebih sedikit dibandingkan orang yang konsumsi protein hanya sedikit.

Olahraga Anti Perut Buncit

Mungkin berat badan anda kurang terjaga karena selama puasa anda kurang berolahraga. Ada satu olah raga ringan yang dapat dilakukan selama puasa, yaitu aerobik. Aerobik adalah salah satu cara efektif untuk mengurangi lemak perut. Dan terlepas dari intensitas aerobik Anda, yang terpenting adalah seberapa banyak/rutin Anda berolahraga. Sebuah studi menemukan wanita usia menopause kehilangan lebih banyak lemak dari semua daerah tubuh ketika melakukan latihan aerobik selama 300 menit per minggu dibandingkan dengan yang 150 menit per minggu.

Tidur Berkualitas

Selama bulan puasa, mungkin ada kebiasaan bergadang untuk para mahasiswa sembari langsung menunggu saat sahut. Studi menunjukkan bahwa kurang tidur cenderung memicu bertambahnya berat badan — termasuk lemak di perut. Oleh karena itu, salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk mengecilkan perut adalah dengan tidur yang cukup dan berkualitas. (ART)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Terserang Flu dan Batuk di Bulan Ramadhan? Permen Kelly Alias Kencur Jelly Ini Bisa Lho Membantu!

Terserang flu dan batuk di bulan ramadhan memang cukup mengganggu aktifitas ya sobat FoKus, nah salah satu cara untuk menyembuhkannya...

Close