Ranking Riset Indonesia Turun, Ini Komentar Kemenristek Dikti!

Infokampus.news, Malang – Prof. Dr. Ocky Karna Radjasa M.Sc Direktur Pengabdian dan Riset Masyarakat Kemenristek Dikti memaparkan banyak fakta penting mengenai kondisi riset di Indonesia. Selaku pembicara dalam acara SemnasPro 2016 yang digelar UMM mulai pukul 8.30 tadi, Ia juga menuturkan harapannya pada generasi muda mendatang agar lebih banyak lagi yang menjadikan penelitian sebagai mata pencaharian.

Meskipun sekarang ini Indonesia masih belum pada kondisi yang baik untuk para peneliti. Apalagi tahun ini, rangking Indonesia dalam bidang ini cukup turun drastis dari tahun kemarin

“Ada 12 pilar yang menyebabkan suatu negara kompetitif atau tidak sebenarnya. Nah untuk saat ini Indonesia turun terjengkang dari rangking tahun 2015 lalu 34 dan tahun ini kita dapat rangking ke 37. Ada 4 nilai merah di raport indonesia,” ujarnya.

Faktor-Faktor Penting Tidak Mendukung

Ia juga menambahkan serta menjelaskan kondisi Indonesia dinilai dari beberapa hal yang tertinggal, padahal sejatinya hal-hal tersebut merupakan hal yang paling penting dimiliki sebuah negara agar risetnya berkembang.

Baca Juga :

“Yang pertama, kita kurang dalam hal kerkesediaan teknologi terkini, kedua yaitu teknologi transfer, ketiga ketersediaan peneliti dan insinyur yang kurang, nah yang terahir ini kapasitas inovasi masih minus.” Jelasnya.

Pada tahun ini ada program percepatan insinyur yang sedang berjalan, namun ia berpendapat jika ketersediaan peneliti di Indonesia masih sangat tertinggal. Itu sebabnya peneliti di Indonesia belum menjadi pekerjaan yang menjanjikan. (pus)

Penulis : Irma Puspita
Editor : Galuh Pandu Larasati

Foto : Irma – Infokampus.news

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ini Keuntungan Kuliah Jauh dari Orangtua!

Salah satu hal yang perlu kamu kuasai ada pada soft skill. Hal tersebut sebenarnya bisa kamu dapatkan saat kamu kuliah...

Close