Rapor UGM Terbaik Versi Kemristekdikti!

Infokampus.news – Rapor tahunan merupakan laporan perkiraan sistem yang akan dilakukan dalam satu tahun ajaran yang harus diketahui oleh pihak Kemenristek Dikti. Laporan ini merupakan hal penting yang harus dilakukan setiap kampus di Indonesia.

Universitas Gadjah Mada (UGM) sebagai perguruan tinggi negeri berbadan hukum (PTN-BH), mendapatkan rapor terbaik dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti). Rapor itu terkait pelaksanaan program, kegiatan, dan anggaran semester 1 TA 2016.

Evaluasi Tahunan

Direktur Perencanaan dan Pengembangan UGM, Muhammad Sulaiman, mengatakan bahwa Kemristekdikti melakukan evaluasi setiap semester. Aspek-aspek yang dinilai meliputi capaian kinerja anggaran dan fisik, progres pelaporan perjanjian kinerja serta progres status pengadaan barang dan jasa.

Sulaiman menyampaikan, capaian anggaran UGM sebesar 52,24 persen. Sedangkan capaian kinerja fisik mencapai 55 persen. Dengan hasil tersebut, UGM berharap optimal dalam kinerjanya pada semester berikutnya.

“Akhir tahun ini semoga bisa mencapai 95 persen,” ujarnya, Selasa (9/8/2016), dikutip dari laman ugm.ac.id.

Anggaran Dapat Optimal

Sementara itu, Direktur Keuangan UGM, Haryono mengatakan, salah satu penyebab optimalnya serapan anggaran UGM adalah adanya fasilitas dana talangan dari pihak universitas, seperti untuk penelitian dosen.

“Biasanya hibah penelitian dosen baru turun bulan Mei. Kita beberapa bulan misalnya sudah bisa memberi dana talangan dulu agar penelitian berjalan,” ujarnya.

Fasilitas dana talangan penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan jalannya kegiatan sesuai Tri Dharma Perguruan Tinggi.

“Penelitian menjadi perhatian universitas, karena akan mendongkrak jumlah publikasi di jurnal. Kita pro aktif tetapi tetap sesuai koridor dalam menjalankan program dan kegiatan,” tandasnya. Hal ini lah yang menjadikan UGM kampus dengan nilai terbaik karena program dan pelaksanaan berjalan dengan optimal. (ir)

 

Sumber : TimesIndonesia

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Habibie Festival Akan Digelar Besok!

Festival besar tekhnologi dan sains yang ditunggu-tunggu khalayak umum akan segera dihelat. Yap, Habibie Festival

Close