Ratusan Massa Aliansi Malang Peduli Kendeng Gelar Aksi Di Depan Gedung DPRD MAlang

Infokampus.news, Malang – Ratusan mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Malang Peduli Kendeng pagi ini (23/3) melakukan aksi solidaritas di depan Gedung DPRD Kota Malang. aksi ini merupakan bentuk solidaritas atas aksi kendeng yang dilakukan di Jakarta. aksi ini sendiri dengan tegas menyuarakan penolakan terhadap pembangunan pabrik semen di wilayah kawasan Pegunungan Kendeng, Rembang, Jawa Tengah.

Dalam tuntutannya, massa aksi menyuarakan  agar pemerintah bisa mengambil sikap tegas terkait permasalahan pembangunan pabrik semen tersebut. jika Merujuk pada putusan peninjauan kembali Mahkamah Agung (MA) pada 5 Oktober 2016 (No Register 99/PK/TUN/2016), seharusnya proses pembanguan pabrik semen dihentikan. selain itu, pembangunan pabrik semen juga sebagai bentuk perampasan hak hidup petani.

Pemerintah Harus Segera Stop Pembangunan Pabrik Semen

Koordinator Aksi, Muhammad Iqbal menuturkan bahwa pemerintahan Jokowi-JK tidak pro rakyat dan Pro petani jika tidak segera mengambil kebijakan untuk menghentikan pembangunan pabrik semen di Kendeng.

“Kami sngat mengecam sikap pemerintah yang seolah tidak peduli pada keadaan rakyat kecil dan petani. perampaan hak hidup petani seolah telah dirampas pemerintah jika pembangunan pabrik semen tidak segera dihentikan,” Ungkapnya.

Massa Aksi Malang Peduli Kendeng  Kecam Sikap Tidak Peduli Gubernur Jateng

Lebih lanjut, massa aksi juga mengecam sikap Gubernur jawa Tengah, Ganjar Pranowo yang tidak meghiraukan putusan Mahkamah Agung yang mengabulkan semua tuntutan masyarakat kendeng. MA juga sudah menyatakan batalnya Surat Keputusan (SK) Gubernur Jawa Tengah tentang Izin Lingkungan Kegiatan Penambangan oleh PT Semen Gresik Tbk di Kabupaten Rembang. namun, Guburner seakan mengabaikan putusan MA dan malah membuat adendum dan izin baru.

“Gubernur justru malah mengabaikan putsuan MA tersebut, ini celaka sekali. oleh karena itu, kami menuntut agar seluruh kebijakan pembangunan yang membuat rakyat terpinggirkan unuk segera dihentikan oleh pemerintah,” Ujar Mahasiswa FISIP tersbut. (uch)

 

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

WOW, Mahasiswa Antusias Hadiri Gelaran Metro TV On Campus di UMM!

selama dua hari ini, metro TV On Campus di UMM ini akan hadir untuk melakukan kegiatan acara secara langsung di...

Close