Realitas Sosial ‘Masih Banyak Mahasiswa yang Belum Pernah Nonton Wayang’

Infokampus.news, Malang – Acara rekor MURI melukis wayang krucil massal yang dilakukan mahasiswa UB di GOR Pertamina Universitas Brawijaya (UB) kemarin disambut baik oleh para mahasiswa. Riska mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya UB, salah satu mahasiswa yang mengikuti pemecahan rekor ini mengaku belum pernah melihat pertunjukan wayang sebelumnya.

Baca Juga:

“Kalau di daerah saya di Bekasi tidak ada pertunjukan wayang, tapi saya tau aja wayang. Makanya saya penasaran kan habis pemecahan rekor ini ada pertunjukan wayang,” ujar mahasiswa pendidikan bahasa Jepang ini.

Meskipun awalnya ia mengaku mengikuti acara karena ajakan salah seorang temannya, ia menuturkan ketertarikannya mengikuti acara ini karena ia belum mengerti tentang wayang krucil sebelumnya.

“Wayang krucil kurang tau, taunya cuma ini khas Jawa Timur,” paparnya.

Usung Keberagaman Indonesia dalam Kombinasi Warna

Riska bercerita tentang kebingungannya memadukan warna cat untuk dikombinasikan ke wayang yang terbuat dari kayu ini karena wayang krucil ini tidak memiliki tema khusus.

“Karena warna tadi panitia memberi pewarnanya agak telat lalu saya sendiri bingung tema juga. Jadi tadi mikir lama mau bikin seperti apa,” ujarnya.

Karena kebebasan pewarnaan dalam wayang ini, ahirnya ia mwngombinasikan banyak warna pada wayang buatannya. Ia mengaku mengambil tema ini untuk menggambarkan keragaman masyarakat Indonesia.

“Ini cuma sesuka hati aja karena wayang krucil kan memang gitu ya dan saya pilih banyak warna karena ingin menggambarkan kalau Indonesia ini majemuk, kita banyak dan beragam.” pungkasnya. (Pus)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Profesor Diaspora Diharapkan Dapat Membangun Indonesia

Para profesor diaspora yang datang ke Indoensia dalam undangan Visiting World Class Profesor yang diselenggarakan oleh Kemenristekdikti.

Close