Yuk Intip Tips Rebut Bangku Perguruan Tinggi Untuk Anak SMK

Infokampus.newsbagi kamu anak SMK yang mempunyai keinginan untuk melanjutkan poendidikan yang l;ebih tinggi jangan khawatir dan merasa minder ya, kali ini tim infokampus akan memberikan beberapa tips untuk kalian supaya bisa rebut bangku di perguruan tinggi yang kalian inginkan!

  1. Pahami Persyataran Pendafataran Masuk Perguruan tinggi

Ada beberapa cara supaya kamu lolos dan bisa masuk perguruan tinggi sesuai kemauan kamu, salah satunya pahami syarat pendafataran, biasanya di tiap website Pergruan Tinggi dijelaskan syarat apa saja jika kamu ingin menjasi mahasiswa baru, atau mungkin kamu harus mengikuti beberapa seleksi seperti Seleksi Nasional Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Pergruan Tinggi Negeri (SBMPTN), atau Seleksi Mandiri yang ada ditiap-tiap kampus. Coba disengga luang waktumu intip website resmi Perguruan tinggi yang kamu incar!

 

  1. Pilih Jurusan Kuliah Yang Sejalur dengan Jurusan SMK Kamu

Kami sarankan untuk memilih jurusan kuliah yang sejalur dengan jurusan pendidikan mereka di SMK. Soalnya kalau kamu mendaftar di jurusan yang sesuai dengan rumpun pendidikan SMK kamu, kamu tidak akan mengalami kesulitan karena kamu sudah memiliki modal ilmu yang kamu pelajari di SMK.

 

  1. Lihat Peta Sebaran Alumni SMK

Coba datangi guru Bimbingan Konseling dis ekolah kamu lalu tanyakan dan minta data sebaran alumni di berbagai Perguruan Tinggi Negeri ataupun Swasta. Misalnya kamu adalah siswa SMK A, setelah kamu lihat ternyata alumni SMK A paling banyak diterima di PTN B, dengan demikian, kesempatan kamu lebih besar untuk masuk PTN B daripada PTN C,D,E dan lainnya. Maka, PTN B sebaiknya jadi prioritas kamu.

 

  1. Cari Informasi Jatah Kuota Penerimaan SMK di Perguruan Tinggi beserta Jurusannya

Setiap tahun jatah penerimaan siswa SMK di sebuah Pergruuan Tinggi Negeri itu berbeda-beda, ada Pergruan Tinggi yang banyak menerima lulusan SMK, ada yang tidak bisa menerima sama seklai. Lagi-lagi ini tergantung asal sekolah dan sebaran alumninya. Selain itu cari tahu tentang jatah penerimaan anak SMK di Perguruan Tinggi incaran kamu, kamu juga musti kepoin jatah penerimaannya. Biasanya kalau tingkat penerimaan jurusannya besar, peluang anak SMK untuk bisa masuk jurusan tersebut juga semakin besar.

 

  1. Kumpulkan Semua Prestasimu!

Kalau kamu punya prestasi lomba atau kejuaraan, baik akademis maupun non akademis, kamu bisa mendapat nilai tambah. Soalnya, prestari tambahan di laur kelas akan menajdai pertimbangan tersendiri bagi Perguruan Tinggi untuk menerima siswa SMK. (Jul) 

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
lulus sesuai target
Ini Dia Trik Ampuh Bagi Mahasiswa yang Ingin Lulus Sesuai Target!

Infokampus.news – Tantangan di dunia perkuliahan tidka hanya terjadi ketika harus mendapat nilai baik, menghadapi dosen killer, atau saat mengerjakan

Close