Rebut Kuota 800 Kursi, Peserta Tes UM Mandiri Ikuti Tes BTQ dan CBT

Infokampus.newsAda yang berbeda dari pelaksanaan tes masuk IAIN Jember secara mandiri yang digelar pada tahun akademik 2018/2019 ini. Seluruh peserta Tes UM Mandirimengikuti tes BTQ dan CBT untuk rebut kuota 800 kursi.

Pasalnya peserta ujian selain harus ikut tes baca tulis qur’an mereka juga harus ikut rangkaian ujian dengan menggunakan system kompuer (Computer Base Test). “ujian model ini betul-betul murni hasil kemampuan peserta ujian masuk, karenanya kesiapan serta persiapan peserta mutlak harus diperlukan seperti manajemen waktu saat melakukan tes CBT berlangsung” Ungkap Solikin.

Solikin menambahkan bahwa pelaksanaan tes tahun ini dipastikan akan berlangsung sangat kompetitif, sebab dari 1416 pendaftar, hanya 800 peserta yang akan diterima sebagai calon mahasiwa. Sistem ini nantinya akan dinilai oleh wakil rektor bidang akadmeik dan pengembangan lembaga, H. Nur Sholikin, S.Ag., M.H dapat menjami kepastian kelulusan sebagai calon mahasiswa ynag didasarkan pada hasil tes yang terselenggarakan.

Sementara, selain 800 kursi yang diperebutkan melalui tes jalur mandiri, untuk seluruh calon mahasiswa baru pada tahun akademik 2018/2019 berjumlah 3500 kursi untuk mahasiswa yang lulus jalur SPAN-UM PTKIN dan 1460 calon mahasiswa lulusan tes SPAN PTKIn dan 1240 calon mahasiswa lulusan jalur UM-PTKIN.

IAIN Jember membuka fakultas dengan banyak program studi diantaranya fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan dengan program studi Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Bahasa Arab, Manajemen Pendidikan Islam, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial, Tadris Ilmu pengetahuan.

Selanjutnya Fakultas Syariah terdiri dari program studi Al-Ahwal Al Syakhsiyyah/AS (Hukum Keluarga/perdata Islam), Mu’amalah (Hukum Ekonomi Syari’ah), Hukum Tata Negara (Siyasah), Hukum Pidana Islam.  Untuk Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam terdiri dari program studi Perbankan Syari’ah, Ekonomi Syari’ah, Akuntansi Syari’ah, Zakat dan Wakaf.

Fakultas Dakwah memiliki program studi Komunikasi dan Penyiaran Islam  (KPI), Pengembangan Masyarakat Islam (PMI), Bimbingan dan Konseling Islam (BKI), Manajemen Dakwah dan Psikologi Islam. Yang terakhir Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora memiliki program studi Ilmu Qur’an dan Tafsir, Ilmu Hadis, Bahasa dan Sastra Arab, Sejarah dan Kebudayaan Islam.  (Jul)

Berita Terkait

  • Infokampus.news - Ditetapkannya Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional mau tak mau membuat kalian harus bisa berbahasa Inggris, terlebih jika kalian ingin berkuliah di luar negeri. Saat ini, semua kampus luar negeri mensyaratkan seluruh calon mahasiswa internasionalnya berkemampuan bahasa Inggris yang baik dan benar ditunjukkan dengan tercapainya skor minimum yang tertera pada bukti hasil tes Bahasa Inggris. Tak hanya kampus luar negeri, beberapa kampus dalam negeri pun mulai menerapkan aturan serupa.…
  • Infokampus.news - Universitas Paramadina merupakan kampus yang mengedepankan nilai-nilai Ke-Islaman, ke-Indonesiaan, dan Ke-Moderenan. Kampus yang berdiri pada 10 Januari 1998 ini mengemban misi untuk membina ilmu pengetahuan rekayasa dengan kesadaran akhlak mulia agar mahasiswa siap menghadapi tantangan kompetisi global, dengan bekal ilmu, pengalaman, juga kehidupan kampus terbaik. Jangan ragukan kualitasnya karena kampus ini telah terakreditasi "B" oleh BAN-PT. Kalau Sobat FoKus tertarik ingin berkuliah di sini, simak info PMB Universitas…
  • Infokampus.news - Seleksi Mandiri Universitas Negeri Yogyakarta (SM UNY) merupakan jalur masuk terakhir yang bisa diikuti calon mahasiswa baru tahun akademik 2018/2019. SM UNY ini terbagi menjadi beberapa pola pendaftaran, seperti SM berbasis nilai SBMPTN, SM Kerja sama di mana UNY bekerja sama dengan institusi terkait, kemudian ada SM Ujian Tulis (SM UTUL). Pendaftaran SM UTUL sudah ditutup pada tanggal 14 Juli 2018. Dan Minggu (22/7) kemarin, sebanyak lebih dari…

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
KKN-PPM KEMENRISTEKDIKTI
Mahasiswa UNIPA ikuti Program Hibah KKN-PPM DRPM KEMENRISTEKDIKTI

Infokampus.news – Sebanyak 141 mahasiswa UNIPA  yang mengikuti program hibah Kuliah Kerja Nyata-Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) DRPM Kemenristek Dikti Tahun

Close