Rebut Medali Emas Taekwondo, Arek Malang Raih Beasiswa ITN Malang

INFOKAMPUS.NEWS – Empat mahasiswa  (Institut Teknologi Nasional) ITN Malang mengharumkan nama kampus lewat cabang Olah raga Taekwondo yakni di ajang Instiper Taekwondo Championship Tahun 2020. Ajang ini sudah kedua kalinya diadakan dimana kali ini diadakan di Yogyakarta Januari 2020. Mahasiswa ITN berprestasi ini antara lain Reva Nabila Putri, Bernika Natasya Ifada, Alvin Ahlunnizar  dan  Pamungkas Hutapea.

Atlet Taekwondo ITN Malang Berfoto Bersama Wakil Rektor III

Dua Mahasiswi ITN Malang, yakni Reva Nabila Putri berhasil meraih Medali Emas Kyorugi  (fight) Female U57. Sedangkan, Bernika Natasya Ifada berhasil memboyong Medali Perak Poomsae (seni/jurus bela diri) individual putri serta Medali Perunggu Kyorugi (fight) Female U62.

Atlet ITN Malang dalam Ajang Instiper Taekwondo Championship 2020

 

Sementara itu, dua mahasiswa ITN Malang yakni Alvin Ahlunnizar dan Pamungkas Hutapea meraih prestasi Taekwondo. Dimana, Alvin Ahlunnizar memboyong Medali Perak Kyorugi (fight) Male U54, sedangkan Pamungkas Hutapea meraih Medali Perunggu Kyorugi (fight) U74.

Atlet Taekwondo ITN Malang

Saat diwawancarai oleh Tim Infokampus.news pada selasa, 14 Januari 2020, Fourry  Handoko, ST., SS.,MT,., Ph.D, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, Alumni, dan Kerjasama ITN Malang menyampaikan dukungan penuh ITN Malang kepada para mahasiswa yang mengikuti lomba. Termasuk dukungan bagi mahasiswa untuk berlatih dalam kejuaraan dan lomba-lomba.

Baca Juga :  Bosan Kuliah? Coba Lakukan 3 Hal ini ya

“Kami sangat mensupport, bahkan kami selalu mendorong agar ikut lomba terus, bahkan ketika menemui mahasiswa itu yang kami dorong adalah mereka bisa ikut lomba dan ikut support latihannya seperti apa yang dibutuhkan,” jelasnya.

Fourry menambahkan bahwa semua pergerakan mahasiswa dalam mengikuti perlombaan pasti disupport dengan dana dari pihak kampus.

“Selalu kita support, jadi kalau angka itu sangat relatif bahkan dalam satu moment kita mengeluarkan dana sampai 35 jt, tergantung lombanya,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Fourry menyampaikan bahwa UKM Olah raga sendiri banyak diminati oleh mahasiswa ITN.

“Peminat UKM olah raga tentu, dari semua UKM yang ada tentu peminatnya banyak, sesuai dengan hobi masing-masing namun juga tidak hanya itu, masing-masing UKM olahraga juga mengukir prestasi-prestasi kemarin ada juga ada Jujitsu dan lain sebagainya,” ungkapnya.

Pada kesempatan kali ini, Kampus ITN Malang memberikan beasiswa selama dua semester sebagai apresiasi keberhasilan Reva Nabila Putri  dalam membawa pulang Medali Emas Kyorugi  (fight) Female U57. Mahasiswi Jurusan  Teknik Lingkungan Semester 1 ini mengungkapkan bahwa mahasiswa ITN  ini baru kali ini mengikuti Instiper Taekwondo Championship.Ajang Instiper Taekwondo Championship yang diikuti mahasiswa se DIY Jateng dan, Jakarta, Jawa barat, Jawa timur juga baru dua kali diadakan.

Baca Juga :  Ribuan Siswa Tak Dapat Ikuti SNMPTN, Apa Penyebabnya?

Bernika Natasya Ifada dan Alvin Ahlunnizar masih kuliah Semester 3 di Jurusan Teknik Geodesi ITN Malang. Sementara itu, Pamungkas Hutapea sekarang kuliah Semester 5 di Jurusan Teknik Sipil ITN Malang.

Bernika menyampaikan saat diwawancarai awak media, bahwa  ITN menurunkan 6 atlet ada yang di cabang (fight), ada juga yang di cabang seni bela diri . Total yang mengikuti lomba ini 654 orang. Dari ITN sendiri mendapatkan 1 emas (Under 57), 2 perak dan 2 perunggu.

Reva yang meraih emas sempat menceritakan  bahwa ia baru latihan efektif seminggu sebelum hari H dan Ia berlatih rutin di UKM Kampus ITN Malang. Ia tidak mengikuti sasana di luar kampus.

“Sempat vakum 5 tahun dari perlombaan, jadi saya taekwondo itu dari SMP, pertamanya nggak seperti dulu sekarang masih butuh adaptasi kembali karena udah lama vakum, tiba-tiba ada info kejuaraan jadi nekat ikut gitu,” ujarnya Alumni SMP 15 Malang ini.

Reva Nabila Putri berhasil meraih Medali Emas Kyorugi  (fight) Female U57 di 2nd Instiper Taekwondo Championship 2020

 

Awal ketertarikan Aremanita, Arek asli Malang ini awalnya hanya ingin belajar bela diri. Reva mendapat dukungan dari keluarga besarnya dimana kakek neneknya berasal dari  keluarga TNI ini.

Baca Juga :  Lantik 4 Wakil Rektor, Direktur Pascasarjana, dan 3 Ketua Lembaga, Rektor Unand : Harus Jadi Tim yang Solid
Bernika Natasya Ifada, Mahasiswi ITN Malang Peraih Medali Emas Taekwondo UM CUp 2018

Sementara itu, rekannya sesama Mahasiswi ITN Malang, Bernika Natasya Ifada sendiri sudah dua kali mengikuti perlombaan mewakili ITN Malang. Perlombaan pertama yaitu UM Cup, Bernika mendapat emas pada tahun 2018 disaat  Ia masih kuliah semester satu. (Azi/Rfl)

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *