Rekonstruksi Negara? Adakah Penyimpangan Hingga Harus Direkonstruksi?

Infokampus.news, Malang – Ketua License Social Worker (LSW) Indonesia, Abdul Aziz, M.Pd ditemui dalam acara kuliah tamu yang digelar Universitas Merdeka Malang (UNMER) mencoba mengajak para mahasiswa Fakultas Hukum dari berbagai Universitas berpikir kritis. Tema yang diusung dalam kuliah tamu tersebut ‘Rekonstruksi Negara Berdasarkan Nilai-Nilai Nasionalis dan Agamis’, lalu ia mempertanyakan, mengapa ada kata rekonstruksi disini.

“Rekonstruksi kan mengembalikan, lalu kenapa harus dikembalikan? Adakah yang menyimpang?” tuturnya seusai ia bernarasi tentang politik.

Ia mengungkapkan keprihatinannya terhadap kondisi di Indonesia yang saat ini bisa dibilang cukup kacau. Betapa tidak, negara kita masuk dalam beberapa rangking negara miskin padahal negara ini punya segalanya.

“Kenapa negeri kita yang kaya ini berada di jajaran negeri yang cukup tinggi rangkingnya dalam kategori negara miskin? Ya karena pemerintah kita tidak nasionalis dan agamis,” ujarnya dengan nada kecewa.

Pematutan Diri Seorang Aparat Pemerintah Penting

Salah satu hal yang ia sayangakan adalah korupsi yang makin tidak terbendung dan merajalela, selain itu ia juga mengkaitkan dengan banyaknya tenaga kerja asing ilegal yang mulai berdatangan ke Indonesia. Ia mengklaim para aparat kurangtegas menindak semua penyimpangan yang terjadi di negeri ini.

“Presiden, kita sekarang tidak ingin apa-apa, sekarang kita Ingin presiden mematutkan diri sebagai seorang presiden. Para penegak hukum, patutkanlah dirimu menjadi seorang penegak hukum,” ungkapnya.

Aziz menuturkan banyak dari para penegak hukum tidak melakukan penegakan hukum dengan tuntas, karena banyak Undang Undang yang sebagian besar masih berupa pencegahan bukanlah mengatur tentang hukum itu sendiri.

“Kita tahu dan pelajari UU penegakan hukum hampir 75% bicara pencegahan,” pungkasnya. (Pus)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Wakil DPR-RI,” Hukum di Indonesia Butuh Imparsialitas, Bukan Kekuasaan”

Dr. Fadli Zon M.Sc, wakil DPR-RI menyampaikan aspirasinya di depan ratusan mahasiswa hukum dari berbagai Universitas di kota Malang. Dalam...

Close