Rektor: ITN Bangun Fondasi Go Internasional

Infokampus.news, Malang – Penerbitan hasil riset dengan skala internasional adalah salah satu siasat Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang untuk melebarkan sayap ke dunia internasional. Oleh karena itu, pihak kampus mendorong para mahasiswanya untuk mulai mencari kesempatan melakukan kolaborasi riset atau joint research dengan akademisi luar negeri.

Satu bukti keseriusan ITN Malang untuk melebarkan sayap ke dunia internasional adalah adalanya seminar tamu dari Dr. Ir. Wahyu Mulyo Utomo yang menjadi perwakilan dari Universiti Tun Hussein Onn Malaysia (UTHM) pada Senin (3/4). Sejak tahun 2016, pihak ITN Malang memang sudah menandatangani MoU (memorandum of understanding) dengan UTHM tentang kerjasama dalam bidang akademis.

“Joint research pasti akan dilakukan karena itu bagian dari MoU tersebut,” terang Dr. Ir. Lalu Mulyadi, MT, rektor ITN Malang saat ditemui di sela seminar bertajuk International Research Collaboration Opportunities & Electric Drives and Energy Saving tersebut.

Persiapan Tembus Dunia Internasional

Sebagai penunjang visi ITN Malang untuk go international, pihak kampus mulai menggalakkan penggunaan bahasa internasional dalam kegiatannya, salah satunya adalah publikasi kegiatan kampus dengan menggunakan Bahasa Inggris.

“Dengan begitu, ke depannya ITN Malang tidak hanya dikenal di Indonesia, tapi juga di luar negeri. Apalagi sekarang sistemnya sudah globalisasi, jadi kami tidak ingin seperti katak dalam tempurung,” jelas Dr. Ir. Lalu Mulyadi, MT.

Visi ITN Malang untuk go internasional sebenarnya hanyalah bagian dari mimpi yang lebih besar. Ia menambahkan, untuk mempersiapkan rencana besar itu, tidak cukup hanya dengan penguasaan di satu bidang saja.

“Sebenarnya cita-cita kami adalah menjadi sebuah world class university. Untuk itu, di semua bidang harus diperkuat, yang paling utama adalah riset karena ITN Malang adalah perguruan tinggi yang berbasis pada riset,” terang Dr. Lalu Mulyadi. (Art)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Rektor ITN Malang Gelar ‘Sayembara’ Akademis

"Salah satu strategi kami untuk mendorong para sumber daya manusia kami leibih produktif adalah dengan cara memberikan reward kepada mereka."

Close