Rektor ITN Teliti Struktur Pemukiman Langka Yang Hanya ada di Lombok, Dunia Butuh Ini!

Infokampus.news, Malang – Rektor ITN (Institut Teknologi Nasional) Malang, Dr. Ir. Lalu Mulyadi, MT. membeberkan hasil penelitiannya pada struktur pemukiman langka yang hanya ada di kota Lombok, bahkan di negara lain di belahan dunia manapun belum ada yang memiliki struktur seperti ini. Dengan mengusung judul ‘Konsep Tata Ruang kota Cakranegara Lombok Indonesia tahun 1896’ ia merasa dunia membutuhkan struktur pemukiman yang seperti ini.

Rektor sendiri menyebutkan dirinya telah meneliti konsep ini sejak tahun 2006 silam

“Konsep ini belum ada di tempat lain, saya sudah meneliti sejak tahun 2006. Kondisinya sekarang ini dia masuk destinasi wisata di Lombok dengan menjual keunikan dan keaslian ini,” tuturnya pada tim infokampus.news.

Pemukiman dan Penataan Kota Harusnya Bisa Mencontoh Ini

Dalam area kota cakranegara yang hanya memiliki 2 kilometer persegi ini, masyarakat mampu memiliki sistem saluran air yang bagus, ruas jalan yang sangat banyak dengan beragam ukuran dan juga ukuran rumah yang sama satu dengan lainnya. Caranya yakni dengan membuat rumah berjajar rapi dengan ukuran yang sama yakni persegi dan juga membuat ukuran jalan yang beragam dari besar hingga kecil dalam sebuah kompleks pemukiman.

“Satu blok itu jadi hanya satu kotak ada 20 rumah nah luas tanahnya persegi juga satu rumah luas tanahnya 27m x 27m. Kenapa kok kotak-kotak itu namanya sanga mandala,” tambah dia.

Sanga mandala ini diyakini memiliki kekuatan tersendiri yang diakui oleh ummat hindu, sehingga pada waktu masa penjajahan Belanda yang mana penjajah memiliki energi negatif tidak bisa masuk ke kawasan ini.

“Jadi energi negatif dipercaya tidak bisa masuk ke kawasan ini,” Tukasnya.

Selain itu jalan yang dibuat juga memiliki ukuran yang beragam mulai dari angka terbesar 45 meter luasnya, 36 meter, 27 meter dan 9 meter yang terkecil. (Pus)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Perdana, Entrepreneur Day Fakultas Hukum UB

Fakultas Hukum UB menyelenggarakan Entrepreneur Day, kegiatan ini merupakan program kerja pertama Fakultas Hukum UB

Close