Rektor UMM Berharap Sri Mulyani Kembali Menjadi Menteri dalam Kabinet Jokowi

INFOKAMPUS.NEWS – Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) memberikan penghargaan kepada Sri Mulyani Indrawati, SE., M.S, Ph.D  sebagai tokoh dalam bidang pemajuan Ekonomi Syariah di Indonesia.

Acara Penganugerahan ini dilaksanakan di Hall Dome UMM. Dimana pada kesempatan yang sama Menteri Keuangan Republik Indonesia (Menkeu RI) pada Kabinet Kerja (2016-2019) ini memberikan Orasi Ilmiahnya (10/10). Adapun dalam orasi ilmiah, Sri Mulyani mengusung tema “Menyongsong Indonesia Maju: Akselerasi Daya Saing melalui Inovasi dan Penguatan Kualitas SDM”.

Sri Mulyani Memberi Orasi Ilmiah di UMM

“Pemerintah akan selalu berkomitmen dalam mendorong perbaikan kualitas SDM memlalui berbagai langkah afirmasi dan terobosan program kebijakan.” Papar  Menteri Kelahiran lampung dan alumni SMP N 2 Bandar Lampung ini.

“SDM yang berkualitas dan inovasi adalah faktor penentu dalam rangka mewujudkan visi Indonesia Emas 2045.” Ungkap Menteri yang sempat mendapat penghargaan sebagai menteri terbaik dalam World Government Summit  2018 ini.

Mahasiswa UMM Peserta Orasi Ilmiah Sri Mulyani

Alumni SMAN 3 Semarang ini juga berpesan agar UMM terus berkiprah, berkarya dan tidak mudah puas akan capaiannya, dan selalu haus akan pencapaian baru. Sehingga mampu memberikan solusi atas berbagai permasalahan bangsa.

Baca Juga :  D3 Keperawatan UMM Raih Akreditasi A

Menurut Pakar ekonomi ini,  Indonesia di tahun 2045, diprediksi bakal menjadi kekuatan besar ekonomi dunia. Potensi menuju kekuatan ekonomi dunia tersebut, sudah dimiliki Indonesia. Oleh Karena itu, Sri Mulyani mengajak mahasiswa agar lebih pintar menganalisis data terlebih dahulu. Dimana mahasiswa harus menerapkan tiga poin penting, yakni critical thinking, analytical thinking, complex problem solving, agar menjadi SDM yang unggul.

Pengajar tetap di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Indonesia (UI) tersebut berharap, untuk mewujudkan semua cita-cita ini ada peran akademisi. Utamanya dalam menyiapkan generasi unggul, yakni generasi yang memiliki mindset berpikir inovatif, open minded pada hal baru, serta adaptif terhadap dinamika disrupsi.

“Potensi Indonesia, untuk mewujudkan Visi Indonesia Emas 2045, sangat besar. Proyeksinya, jumlah penduduk kita di tahun 2045 mencapai 319 juta jiwa, usia produktifnya 47%, penduduk urbannya 73%, ekonominya lima besar di dunia, kelas menengahnya mencapai 70%, pendapatan per kapita 23.199 dollar Amerika Serikat (AS),” terangnya.

“Diharapkan UMM tidak hanya mendidik kemampuan hard skill, kognitif  dan intelektual mahasiswa. Tetapi juga membentuk soft skill antara lain  berupa karakter yang  berintegritas. Dan Jangan lupa , JANGAN PERNAH LELAH MENCINTAI NEGERI INI” pungkasnya.

Civitas Akademika UMM

Wakil Rektor I UMM, Prof. Dr. Syamsul Arifin, M.Si menyampaikan saat prosesi pemberian penghargaan, bahwa penghargaan ini diberikan karena Sri Mulyani dinilai turut meletakkan landasan bagi pemajuan Ekonomi  Islam. Syamsul Arifin selaku Wakil Rektor UMM membacakan SK UMM di hadapan 7000 mahasiswa UMM bahwa Sri Mulyani mendorong sinergi antara akademisi, industri, dan pemerintah atau otoritas dalam mengembangkan ekonomi syariah serta mendukung upaya membangun wajah Islam yang inklusif dan sejalan dengan semangat kebhinnekaan dalam bingkai RI.

Baca Juga :  Peringati Sumpah Pemuda, Nadien Makarim : Indonesia Harus Unggul di Bidang Teknologi

“Menkeu Sri Mulyani turut mewujudkan pengembangan kualitas sumber daya manusia, peningkatan riset, medukung kebijakan yang menunjang perkembangan ekonomi syariah.” Ungkapnya.

Saat ini, Alumni  S1 Sarjana Ekonomi Universitas Indonesia (UI)  dan Master dan Ph.D  of Science of Policy Economics di University of Illnois Urbana Champaign, U.S.A. ini  juga ditunjuk menjadi Ketua Umum Ikatan Ahli Ekonomi Islam (IAEI) periode 2019 -sampai 2023.

Pada kesempatan yang sama, Rektor UMM, Dr. Fauzan, M.Pd mennyampaikan harapannya saat momen penghargaan  kepada Sri Mulyani “Beliau seorang Srikandi yang tahan banting dan bisa hidup di sembarang ‘alam’. ‘alam ‘nya Pak SBY dan alamnya Pak Jokowi. Mudah-mudahan Ke depan beliau juga masuk dalam jajaran kabinet berikutnya”.

“UMM senantiasa mengundang para tokoh nasional dari berbagai latar belakang  bahkan tokoh internasional sebagai inspirasi bagi para mahasiswa.”ujar Orang nomor satu di UMM ini.

(Rfl)

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *