Rektor UNIDHA: ‘Banyak PTS Kalahkan PTN’, Ini Bukti Analisis dan Survey dari Tim FoKus!

Infokampus.news, Malang – Selama ini masyarakat Indonesia banyak yang memandang belum ada PTS kalahkan PTN dari beberapa aspek pembelajaran dan pengajaran, ternyata itu adalah perspektif kuno! Saat ini PTS juga merupakan saingan terberat PTN di seluruh Indonesia, lho!

Karena tidak mendapatkan banyak ‘sokongan’ dari pemerintah seperti PTN, Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia saat ini menjadi ‘lebih tangguh’ dalam menggebrak dan merombak sistem pembelajaran, kurikulum dan juga metode pembelajaran. Banyak terobosan-terobosan baru yang dibuat agar output mahasiswa PTS mampu bersaing di dunia kerja.

Apa saja bukti kalau PTS kalahkan PTN? Simak Analisa Khusus tim infokampus.news berikut ini.
1. Lebih Fokus Mendongkrak Mahasiswa Berpikir Kritis dalam Bentuk Karya Ilmiah

sentra KI

Salah satunya adalah mendongkrak metode pemikiran ilmiah mahasiswa dan juga dosen agar lebih berkembang dan bermanfaat bagi masyarakat luas. UNIDHA sendiri baru saja meresmikan Kantor Sentra KI yang bahkan belum dimiliki Perguruan Tinggi Negeri di Kota Malang. Hanya ada 2 Kantor Sentra KI yang dimiliki perguruan tinggi di Malang yakni UNIDHA dan UMM.

2. Lebih Sedikit Mahasiswa di Dalam Kelas Pelajaran Menjadi Lebih Intensif dan Optimal

beasiswa mahasiswa disabilitas

Saat diwawancarai, salah satu mahasiswa PTS di Malang, mengaku dirinya lebih suka belajar di kampus Swasta karena muridnya lebih sedikit lho! Dirinya bisa lebih dekat dengan dosen dan juga menyerap ilmu lebih banyak dan lebih luas dari tutornya. Wih!

3. Lebih Peka dan Memudahkan Mahasiswa

Sudah sejak lama kampus UNIDHA memiliki sistem akademik yang berbasis IT dan sangat memudahkan mahasiswa. Sekarang sistem ini mulai diadopsi beberapa kampus Swasta di kota Malang lho, karena dengan ini mahasiswa tidak perlu repot mengurus surat-surat seperti pengajuan beasiswa, surat pengajuan skripsi dan juga masih banyak lainnya. Hanya tinggal memasukkan data secara online, dalam hitungan hari surat sudah jadi lengkap beserta stempel resmi kampus dan tanda-tangan pihak berwenang.

4. Uang Kuliah dan Kebutuhan Perkuliahan Lebih Murah

Bukan Beasiswa Biasa, Inilah Beasiswa KSE 2018!

Jika dibandingkan dengan Uang Kuliah di PTN, uang kuliah di kampus swasta relatif lebih kecil lho. Jika diakumulasi hingga akhir perkuliahan, bisa berbeda jauh antara kampus Negeri dan Swasta. Ssssstt selain itu kampus swasta lebih mudah lho dalam memberikan beasiswa, karena birokrasi dan perijinannya tidak sepanjang kampus milik negeri!

5. Banyak Kampus Swasta Mulai Meroket Kalahkan PTN
pts kalahkan ptn
Potret Kampus UNIDHA

Rektor UNIDHA, sekaligus ketua APTISI Jawa Timur, menyebutkan saat ini sudah semakin banyak PTS yang gradenya jauh melebihi kampus Negeri.

“Buktinya banyak PTN di Jatim kalahkan PTN. Contohnya saja BINUS dan banyak lagi ya.” Paparnya.

6. Terakhir Paling Penting, Lebih Siap Bekerja dan Peluang Bekerja Lebih Tinggi

Pekerjaan Part Time Malang yang Bisa Dilakukan Mahasiswa Malang. Cobain, yuk!

Terakhir, menurut treasure studies yang dimiliki setiap kampus swasta, banyak mahasiswa PTS lebih mudah dan cepat terserap ke dunia kerja. Hal ini dikarenakan komitmen dan motivasi mereka yang tinggi untuk berkembang dan langsung paham apa tujuan mereka setelah lulus. Justru banyak dari mahasiswa PTN yang setelah lulus masih banyak terlalu berpikir dan terlalu memilih bidang pekerjaan yang akan dilakoni. Duh, jangan tambah angka pengangguran di Indonesia dong..

Nah, itu tadi beberapa pengamatan dan penelusuran khusus dari tim Infokampus.news. Semoga di tahun ajaran baru ini kamu tidak salah pilih kampus dan semoga cita-citamu segera terwujud! (Pus)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
program pendidikan vokasi
Buka Pendaftaran Program Pendidikan Vokasi Lebih Awal, UM Ingin Dongkrak Program Pendidikan Vokasi

Pendaftaran program pendidikan Vokasi mandiri jalur prestasi Universitas Negeri Malang (UM) yang dibuka lebih awal sejak beberapa minggu lalu cukup...

Close