Rektor UNIDHA, ‘Harusnya UU Yang Mengatur DPR dan MPR Berbeda, Tidak Jadi Satu Seperti Sekarang’

Infokampus.news – Harusnya UU yang mengatur DPR dan MPR dibedakan sesuai dengan lingkupnya masing-masing. Hal ini diungkapkan oleh Wakil Ketua Asosiasi Pengajar HTN-HAN Prof. Dr. Suko Wiyono S.H., M.Hum., dalam fokus group discussion yang digelar usai Pelantikan Pengurus Asosiasi Pengajar HTN-HAN Provinsi Jambi beberapa waktu lalu.

Pihaknya menilai jika pemisahan Undang-Undang yang mengatur tentang kewenangan dan lingkup kerja MPR dan DPR juga diatur dalam UUD 1945.

“Kan jelas diatur dalam undang-undang itu disebutkan di pasal 2 (1) UUD 1945 menyatakan, bahwa MPR terdiri atas anggota DPR dan anggota DPD yang dipilih melalui pemilihan umum dan diatur lebih lanjut dengan undang-undang. Nah ini ada kata dengan ya, bukan dalam, jadi harusnya peraturan itu berbeda. Bukan jadi satu,” Tukas dia pada tim infokampus.news.

Harusnya UU Yang Mengatur DPR dan MPR Berbeda Agar Cakupan Lebih Luas

Wakil Ketua Asosiasi sekaligus rektor UNIDHA Malang ini menyebutkan, pihaknya menilai bahwa dengan adanya peraturan berbeda yang dijadikan landasan oleh MPR dan DPR akan menjadikan ruang lingkup masing-masing perwakilan rakyat lebih luas.

“Lebih leluasa disitu bisa mengatur wewenang, tugas, fungsi kelembagaan bisa masuk di sana (re: UU) jadi bisa lebih luas cakupannya.” Tambahnya.

Masukkan yang diberikan oleh kalangan akademisi ini juga didiskusikan lebih dalam oleh banyak perwakilan dari DPR-RI dan MPR-RI yang juga turut hadir dalam forum diskusi tersebut.

“Ya ini masukan dari kami kalangan akademik yang saat itu didengar juga langsung oleh para wakil rakyat yang hadir, jika sekiranya digunakan ya monggo kami merasa sangat bangga. Tapi jika tidak ya bagaimanapun ini hanya upaya kami untuk kemajuan negeri kita bersama,” Tandasnya. (Pus)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Membanggakan, Perwakilan UGM Borong Kemenangan di Ajang Soil Festival 2017 Karst Indonesia

Sebuah kebanggaan, perwakilan tim dari Universitas Gadjah Mada dapat membawa kemenangan di dua kategori lomba LKTIN Karst Indonesia

Close