Rektor UNIKAMA, Pieter Sahertian Tegaskan Tidak Ada Rektor Baru

Infokampus.news, Malang – Pasca pengangkatan rektor baru yang dilakukan oleh PLT PPLP-PT PGRI kemarin (5/9), Rektor resmi Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) Dr. Pieter Sahertian, M.Si. angkat bicara. Menurutnya, kesepakatan kemarin merupakan hasil keputusan ketua PLT, Dr. Selamet Riyadi, MM. secara sepihak karena adanya kesalahpahaman.

“Awal mulanya saya diajak untuk koordinasi tanggal 18 September kemarin, tapi karena saya sakit tidak bisa hadir. Lalu dia (Christea), ketua PPLP-PT PGRI menduga saya tidak kooperatif,” ungkap Pieter pada wartawan.

Memang menurutnya, PLT memiliki kewenangan untuk mengangkat dan memberhentikan rektor. Namun tentu harus sesuai dengan statuta yang selama ini dipegang oleh para civitas Unikama. Ia menyebutkan ada 8 poin yang menyebabkan rektor diberhentikan secara sepihak oleh PLT.

“Pada statuta Unikama pasal 24 dikatakan rektor dapat diberhentikan dari jabatan jika; berakhir masa jabatannya, meninggal, berhalangan mutlak, mengundurkan diri, memangku jabatan rangkap, tidak cakap, melanggar kode etik, atau dipenjara. Saya tidak satupun melanggar atau melakukan 8 poin tersebut,” terangnya.

Secara tidak langsung, ketua PLT ingin menegakkan statuta namun dirinya sendiri melanggar statuta. “Saat ini pun Christea sedang dipenjara. Tidak apa-apa terserah saja dia mau lakukan apa, yang jelas kami, mahasiswa, dosen dan jajaran pimpinan solid dan kami ada di jalur yang benar,” ujarnya.

Upaya mediasi pun menurutnya juga tidak akan membuahkan hasil. Pasalnya, Pieter dan Christea pernah juga menandatangani kesepakatan yang disaksikan langsung oleh ketua dan sekretaris LLDikti sekitar satu bulan lalu.

“Kami berharap ini segera selesai, karena kami tidak mau kejadian di bulan Mei kemarin terulang kembali. Besok juga kami akan tetap melaksanakan wisuda, karena sebelumnya kami hanya melaksanakan penyerahan ijasah saja. Padahal ini kan momen penting bagi mereka. Kami juga berharap mahasiswa tetap fokus saja belajar, kami akan segera melakukan mediasi lagi,” tutupnya. (Pus)

Berita Terkait

  • Infokampus.news – Hari narkoba Internasional diperingati pada tanggal 26 Juni 2018. Biasanya setiap tahunnya diperingati dengan memperkuat aksi dan kerja sama secara global. Universuitas Kanjuruhan Malang (Unikama) melalui kegiatan UKM Garank mengadakan Seminar dan Talkshow. Seminar dan Talkshow bertajuk Peran Aktif Generasi Muda untuk Menggebrak Dunia Tanpa Narkoba dilaksanakan pada tanggal 29 September 2018 di Aula Sarwakitri Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) dimulai pukul 07.00 Wib hingga 13.00 Wib. “Kita mengundang…
  • Upaya meningkatkan guru Melek IT harus dilakukan untuk menghadapi revolusi industry 4.0 yang sudah di depan mata. Salah satunya dengan mengadakan pelatihan Informasi Teknologi (IT) untuk guru Matematika di Kabupaten Malang. Pelatihan ini bertujuan agar guru
  • Bank Sampah kota Malang (BSM) RW 10 awal berdiri di kota Malang pada tahun 2013. Difasilitasi oleh Pemerintah Kota Malang melalui Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kota Malang bersama dengan Kader Lingkungan Hidup Kota Malang yang

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
Cerdas! Olah Limbah Sayur Jadi Pakan Kelinci, Para Mahasiswa Ini Raup Untung Berlipat

Siapa menduga limbah sayur yang dipandang sebelah mata ternyata bisa sangat bermanfaat untuk pakan ternak kelinci? Adalah 5 mahasiswa Universitas...

Close