Resmi Dibuka, UB Forest jadi Laboratorium Lapangan

Infokampus.news, Malang – Hutan pendidikan Universitas Brawijaya atau UB Forest diresmikan hari ini, Senin, (19/9/2016). Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Rektor UB Prof. Dr. Ir. Bisri MS, dan dihadiri oleh Bupati Malang Rendra Kresna, kementerian lingkungan hidup, segenap jajaran kepala dinas Propinsi Jawa Timur, serta 700 perwakilan mahasiswa UB lintas disiplin ilmu.

Resmi Dibuka, UB Forest jadi Laboratorium Lapangan

Hutan yang terletak di lereng Gunung Arjuna di atas ketinggian 1200 mdpl ini lahir pada tanggal 31 Desember 2015, dikelola sebagai hutan lindung dan hutan produksi. Direktur UB Forest Prof. Eko Ganis Suharsono mengatakan, UB Forest dicanangkan sebagai laboratorium hidup dan pusat penelitian.

“Jadi wadah untuk civitas akademika, mahasiswa, peneliti, dosen, untuk membangun penelitian yang unggul agar terlahir ratusan doktor, master, jurnal internasional, serta meningkatkan penelitian dan ilmu pengetahuan,” kata Eko.

Hal tersebut ditegaskan kembali oleh wakil rektor 1, Prof. Ir. Kusmartono bahwa laboratorium adalah kunci dari perkembangan universitas. Hendaknya hutan tersebut jadi ladang inovasi baru melalui penelitian.

“Hutan ini bisa jadi ladang inovasi dan hasilnya digunakan untuk masyarakat,” tandasnya.

Sementara itu, Rektor UB Prof. Dr. Ir. Bisri, MS mengatakan bahwa dengan adanya hutan pendidikan seluas 544,74 Ha di Dusun Sumbersari, Desa Tawang Argo, Karangploso, Kabupaten Malang ini bisa meningkatkan kompetensi mahasiswa dan dosen guna meningkatkan reputasi kampus.

“Kompetensi bisa diraih melalui laboratorium lapangan. Keterlibatan seluruh disiplin ilmu disini harus jadi indikasi menurunkan angka kemiskinan dengan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayah ini,” tegas Bisri.

Baca Juga :

Bersamaan dengan peresmian tersebut, segenap jajaran pimpinan UB, Bupati Malang, dan pimpinan dinas Propinsi Jawa Timur melakukan penanaman perdana UB Forest dengan menanam 50 pohon dari 15 jenis diantaranya kemiri, sawo kecik, kemundu, mahoni, mojo, dan kenari. (gpl)

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
5 Kenangan Zaman SD yang Pasti Bikin Kamu Ketawa-tawa Sendiri!

Infokampus.news - Membahas kenangan zaman SD, memang tidak ada habis-habisnya. Setuju, gak? Soalnya, terlalu banyak hal-hal konyol dan lucu yang kita alami

Close