Resmi Digelar Secara Daring Kompetisi Olahraga Siswa Nasional 2020

Infokampus.news, Nasional – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) secara resmi menggelar Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (KOSN) 2020. Ditengah  pandemi Covid-19 yang masih melanda tak melunturkan semangat dari para siswa yang mengikuti acara KOSN 2020 ini.

Jumeri selaku Direktur Jendral PAUD, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah menyatakan bahwa, adanya KOSN 2020 merupakan bukti lahirnya berbagai trobosan baru di bidang kompetisi olahraga yang dilakukan secara virtual tanpa menghilangkan makna keolahragaan. Ia juga berpesan kepada peserta KOSN 2020 untuk selalu menjunjung tinggi kejujuran dan sportifitas.

Ajang kompetisi olahraga tahunan ini, sebelumnya bernama Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN). Kegiatan ini menjadi salah satu rangkaian lomba yang dilaksanakan setiap bulan Olahraga dan Kesehatan Jasmani. Peserta dalam KOSN 2020 ini diikuti oleh siswa jenjang SD, SMP, SMA/SMK.

KOSN 2020 yang digelar pada saat pandemi Covid-19 dilangsungkan secara virtual dan Ajang kompetisi olahraga tahun 2020 ini hanya menggelar dua cabang olahraga saja, yaitu cabor karate dan pencak silat.

“Saya sungguh bahagia dapat menyapa para atlet muda Indonesia di bidang pencak silat dan karate yang di ikuti dalam KOSN 2020 ini” ucapnya.

Tujuan dari kompetisi olahraga KOSN 2020 ini yang dilangsungkan secara daring antara lain untuk meningkatkan motivasi peserta didik dalam penguasaan di bidang olahraga serta mengajarkan para siswa untuk berkompetisi dengan menjunjung kejujuran dan sportifitas.

Rangkaian pelaksanaan KOSN 2020 terbagi menjadi dua jenjang yakni, jenjang pendidikan dasar dan pendiddikan menengah. Jenjang pendidikan dasar meliputi SD dan SMP yang akan digelar pada 2 sampai dengan 7 Desember 2020, sementara itu jenjang pendidikan menegah yang meliputi SMA dan SMK juga akan digelar pada 16 sampai dengan 21 November 2020.

 

Pewarta : Naviska Rahmadani
Editor : Redaksi Fokus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *