Resmi! Pelantikan Rektor Unmer Dihadiri Walikota Malang, Walikota Batu Serta Para Rektor Lain

INFOKAMUS.NEWS – Hari ini, Jumat 1 November 2019, Prof. Dr. H. Anwar Sanusi, S.E,M.Si resmi dilantik sebagai Rektor Universitas Merdeka Malang (UNMER) Masa Bakti 2019 – 2023. Prof. Dr. H. Anwar Sanusi, S.E,M.Si terpilih kembali menjadi Rektor Unmer untuk periode ke -3 (1/11/19).

Rektor-Rektor Perguruan Tinggi

Acara yang bertempat di Ruang PPI Gedung Rektorat Lantai III Universitas Merdeka Malang, Jl. Terusan Dieng Malang, Jawa Timur ini dihadiri oleh dua Kepala Daerah dan Para Rektor Universitas Merdeka se-Jatim. Kapolres, Para pimpinan perbankan, Bank UMKM, Dewan Komisaris Unmer, Presiden mahasiswa dan kalangan lainnya.

Kepala Daerah yang memberikan ucapan selamat atas pelantikan Rektor Unmer  adalah Wali kota Malang, Drs. Sutiaji dan Wali kota Batu, Dra. Dewanti Rumpoko, M.Si yang juga menjadi Dosen Psikologi di UNMER.

Dari  sekitar 15 perwakilan Rektor-Rektor Perguruan Tinggi yang hadir, salah satunya adalah Rektor ITN Malang, Dr. Ir. Kustamar, MT dan juga perwakilan Universitas Situbondo.

Walikota Malang mengungkapkan bahwa “Tridharma Perguruan tinggi yang pertama pengajaran, yang kedua penelitian dan ketiga pengabdian harus selalu korelasi dengan apa yang dibutuhkan masyarakat Kota Malang,”.

Pidato Rektor Unmer Saat Pelantikan

Acara dilanjutkan dengan pidato Rektor Unmer Kelahiran Situbondo, 15 Agustus 1962 ini. Dalam Kesempatan ini Rektor Unmer menyampaikan ucapan terima kasih dan rasa syukur kepada segenap peserta.

Baca Juga :  Ini Strategi FEB Unisma Hadapi Revolusi Industri 4.0

“Tanggal 1 Nopember 2019, empat tahun yang lalu saya menyampaikan bahwa Unmer di penghujung tahap pertama. saat ini unmer sedang menapaki tahap dari kesetaraan.” paparnya.”

“Bagaimana kondisi makro universitas ini dan apakah Unmer mampu mencapai taraf kesetaraan pada tahun diharapkan. saya yakin mampu, tapi dengan syarat semua civiitas akademika harus bekerja cerdas saling membantu antara satu dengan lain antara civitas dan tidak lupa meminta pertolongan Allah.” papar Rektor Unmer ini.

Rektor Unmer menyampaikan kondisi makro Unmer. Unmer saat ini berusia 55 tahun 4 bulan dihadapkan dengan persaingan yang ketat. Unmer sampai sekarang tetap dipercaya masyarakat sebagai salah satu PT yang berkualitas. Mahasiswa Unmer kurang lebih 10 ribu mahasiswa dengan rata-rata mahasiswa baru pertahun 3000 mahasiswa.

“insya Allah, 2019 dosen kita menyerap dana hibah terbesar seluruh jawa timur untuk PTS. Tata kelola kelembagaan, Universitas ini telah didukung dengan sistem informasi yang canggih sehingga informasi akademik dan non akademik dapat diakses oleh mahasiswa dan dosen dan orang tua mahasiswa. Dengan demikian orang tua dapat memantau hanya lewat Hp  dan gadget yang mereka miliki.” katanya.

Menurut Rektor Unmer perlu untuk menjaga sustainibility, kerjasama dalam luar negeri dengan tukar menukar dosen dan mahasiswa , riset bersama , menerbitkan jurnal internasional bersama. Dimana sampai saat ini ada 20 kerjasama tersebar di beAerapa negara antara lain Australia, Jepang, Malaysia, Korea utara, Philifina, Amerika, China dan Belanda.
“bagaimana 4 tahun ke depan, apa yang bisa dilakukan? pidato presiden 20 oktober 2019 ada satu hal yang penting terkait PT bahwa kita harus membangun SDM yang terampil SDM pekerja keras yang dinamis dan kompeten ini sejalan dengan visi unmer yaitu meningkatkan jiwa wirausaha nasional dan internasional. Ada beberapa hal yang ingin kami lakukan sebagai program prioritas, pertama penguatan  jiwa wirausaha, kemandirian.”lanjutnya.
Kewirausahaan harus menjadi ciri utama lulusan Unmer. Dengan merintis start up semua program studi. Tujuannya mahasiswa Unmer lulus tidak hanya membawa ijasah dan transkrip dan Surat Keterangan Pendampingan (SKPI), tapi juga membawa sertifikat kompetensi.
“Program penguatan karakter, menghasilkan SDM seutuhnya . Lulusan unmer menguasai hards skill dan soft skill, terutama budi pekerti berbasis kepatuhan kepada orang tua. Mahasiswa Unmer wajib patuh kepada orangtuanya terutama ibu. Tidak boleh membuat merkea kecewa, itu prinsip yang utama harus dijalankan oleh mahasiswa. Yang kedua, guru itu sama dengan dosen.
“Terakhir, rata-rata mahasiswa kita dididik patuh kepada pimnpinan. Mahasiwa Unmer memiliki nilai-nilai karakter yang kuat, karakter budi pekerti yang kuat.” tutupnya.

Saat diwawancarai oleh Tim Infokampus.news, Rektor Unmer menjelaskan lebih lanjut mengenai program-programnya. “yang pertama program pembinaan watak itu harus mendesak, yang kedua adalah perbaikan SIM karena perubahan teknologi sudah tidak bisa diubah maka mau tidak mau harus  menyesuaikan dengan perkembangan teknologi ini. Yang ke tiga adalah pembinaan karakter karena penting untuk lulusan Unmer, banyak hal yang masuk ke kampus tidak terdeteksi. lalu dilakukan kerjasama dan yang terakhir penataan kampus.” jelasnya.

Baca Juga :  Kembali Torehkan Prestasi, STIKI Malang Raih Peringkat 3 Sekolah Tinggi Unggulan

“Karena melalui saluran yang sudah mereka rencanakan. Maka paham rasisme dan paham radikalisme harus kita tangkal dengan pembinaan watak.”urainya.

Acara pelantikan Rektor Unmer ini dimeriahkan pula oleh penampilan Lagu Karena Cinta yang dinyanyikan oleh Reza Anastasia, Duta Fakultas Hukum Unmer.

Segenap TIM INFOKAMPUS.NEWS mengucapkan Selamat  Atas Pelantikan Prof. Dr. H. Anwar Sanusi, S.E,M.Si  sebagai Rektor Universitas Merdeka Malang (UNMER) Masa Bakti 2019 – 2023. (Rfl)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *