Road Show Sosialisasi Perguruan Tinggi Berbadan Hukum dan Rencana Strategi Universitas Brawijaya

Infokampus.news – Bertempat di Aula gedung A, Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya pada tanggal 10 Oktober 2019 diadakan sosialisasi status Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH) dan Rencana Strategi (Renstra) Universitas Brawijaya.

Diawali dengan penjelasan oleh Rektor Universitas Brawijaya, Prof.Dr.Ir.Nuhfil Hamami AR.,MS, tentang mengapa status PTNBH ini penting?
Dengan meningkatkan status dari BLU menjadi PTNBH artinya Perguruan Tinggi ini nantinya diharapkan mampu untuk mengatur dirinya sendiri, memiliki otonomi dan mampu bersaing pada level internasional yang kemudian hal ini menjadi penting untuk reputasi sebuah perguruan tinggi, sehingga dapat meningkatkan daya saing bukan lagi di tingkat nasional tetapi tingkat internasional. Lebih lanjut, Prof.Nuhnil berharap Universitas Brawijaya dalam beberapa tahun ke depan, mampu meningkatkan perolehan yang sudah dicapai di tahun ini dan siap untuk bersaing dengan universitas-universitas dunia.

Dengan demikian, diperlukan Rencana Strategi (Renstra) dalam mempersiapkan status PTNBH tersebut, yang dalam hal ini dijelaskan oleh Wakil Rektor 4, Prof.Dr.Ir.Moch. Sasmito Djati, M.S, bahwa Universitas Brawijaya telah menyiapkan prinsip utama strategi dalam mempersiapkan PTNBH salah satunya dengan berupaya untuk berinovasi dalam hasil penelitian dan kerja sama.

Baca Juga :  Resmi Diubah! UTBK 2023 Tanpa Tes Mata Pelajaran, Simak Alasannya

Dekan Fakultas Ilmu Administrasi, menyampaikan bahwa sebelum sosialisasi Renstra UB ini dilaksanakan, pihaknya telah mendahului menyiapkan Renstra Fakultas dan Renstra studi dengan harapan nantinya sudah mempunyai petunjuk, sehingga sudah tidak asing lagi dengan kisi-kisi Renstra yang disampaikan. Di jurusan ilmu administrasi publik misalnya, sudah bergeser dari paradigma Government ke Governance. Jadi secara substansi, pihaknya pun sudah paham tentang perubahan status dari BLU ke PTNBH. (Ika)

Leave a Reply

Your email address will not be published.