Saatnya Mahasiswa Peduli Nasib Pertanian Indonesia, Unikama Gelar Ini Agar Mahasiswa Lebih Kritis

Infokampus.news, Malang – Indonesia sedari dulu dilabeli sebagai negara agraris, namun pertanian dari masa ke masa perkembangannya justru sangat lambat. Untuk itulah Program Studi (Prodi) Peternakan Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) bekerjasama dengan senat mahasiswa peternakan menggelar lomba dan ekspo peternakan yang pertama kalinya.

Dalam acara yang digelar di aula sarwakirti hari ini (16/5) total 8 mahasiswa dari berbagai jurusan dan juga perguruan tinggi di Malang mempresentasikan esai mereka. Esai mereka bukan tanpa dasar, banyak sumber resmi yang mereka gunakan sebagai landasan dalam pembuatan esai tersebut.

Diantaranya esai dari Wahyu Chandra Nugroho mahasiswa Politeknik Pertanian Malang, yang membahas tentang pentingnya para petani untuk bersatu.

“Selama ini kita lihat petani itu pasti beternak juga, nah itu tidak bisa dipisahkan. Namun kurangnya mereka bergerak masih skala perseorangan, sangat kecil saja,” tukas Wahyu

Padahal jika petani membentuk kelompok bertani dan juga beternak dengan para petani lain, resiko yang dihasilkan akan semakin kecil. Hal ini diprediksi bisa memberikan dampak ‘kekuatan’ bagi para anggotanya.

“Kalau berkelompok mereka bisa membentuk unit usaha kecil, saling membantu. Tapi ya pemerintah juga harus punya badan khusus untuk mendampingi mereka,” tukasnya.

Ide ide baru seperti inilah yang diharapkan muncul dan memberikan angin segar bagi pertanian di Indonesia.
“Kami ingin mereka bisa lebih menyadarkan masyarakat dan juga memberi edukasi yang sudah dibuktikan secara ilmiah bagi petani, untuk berkontribusi memajukan pertanian Indonesia,” tandas ketua pelaksana lomba, Anjelina Kumisani. (Pus)

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
ananda-hafidh-rifai-2
Mengenal Ananda Hafidh Rifai, Peraih Nilai UN Sempurna yang Diterima di Kampus Impian

Infokampus.news - Keberuntungan tengah menghampiri siswa asal Solo. Pemilik nama lengkap Ananda Hafidh Rifai ini meraih nilai sempurna pada Ujian

Close