SABA, Inovasi Produk Alami Buatan UWG Malang

Infokampus.news, MalangUWG Malang kembali membuat inovasi untuk dunia kesehatan, melalui bahan-bahan alami Ir.  Elik Murni Ningtias Ningsih,  MP, selaku dosen Fakultas Pertanian Program Studi Agroteknologi dan Ir. Sudiyono, MP membuat penemuan baru dunia kesehatan untuk kreasi minuman herbal. Dengan mengajak masyarakat Bumiayu Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang bersama membuat kreasi minuman herbal dengan bahan yang mudah didapatkan.

Diwakili oleh kelompok usaha kreatif bernama “Widya Aktiva”, Ir.  Elik Murni Ningtias Ningsih,  MP meracik bahan-bahan tumbuhan seperti daun serai,  kayu secang,  bunga cengkeh dan bahan herbal tambahan lainnya yang kemudian diberi nama Sari Herba atau disebut dengan SABA.

Pemanfaatan Produk Alami Untuk Masyarakat

SABA sendiri dibuat untuk meningkatkan kemampuan kelompok industri rumah tangga di desa tersebut, SABA juga dapat menjadi salah satu produk herbal yang dapat menjadi pilihan masyarakat dalam rangka diversifikasi konsumsi pangan. Dengan bahan alami dan herbal, SABA tentunya sangat aman dikonsumsi masyarakat. Dengan begitu masyarakat dapat mengurangi konsumsi obat-obatan yang berasal dari bahan kimia dan dapat menggantikan dengan produk yang lebih aman dan efisien.

Ini sendiri merupakan bagian dari kegiatan program iptek bagi masyarakat (IbM) yang diharapkan dapat terus ditekuni oleh Kelompok Widya Aktiva sebagai mitra UWG Malang. Harapan lain adalah Widya Aktiva kemudian menularkan ilmu ini kepada masyarakat sekitar, tentunya dengan modifikasi-modifikasi yang lebih luas dengan memanfaatkan sumber daya alam. SABA sendiri adalah minuman yang memiliki khasiat melancarkan peredaran darah dan menghangatkan badan, tentunya dengan adanya inovasi ini akan semakin membuat masyarakat aktif dan kreatif dalam memanfaatkan sumber daya alam yang sudah ada. (has)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Viral Maba Tidak Bisa Sholat Saat PKKMB , UM Sampaikan Permohonan Maaf Secara Terbuka

Pada penyelenggaraan PKKMB di hari kedua kemarin (15/8) para maba sempat terlewat sholat ashar. Hal ini terjadi lantaran pihak kampus...

Close