Sabet Medali Emas dan Perak di KMHE 2018, Tim Semeru UM Siap Melaju ke Ajang Internasional

Infokampus.news, Malang – Berhasil membawa pulang medali emas dan perak di dua kategori lomba ethanol dan urban pada Kompetisi Mobil Hemat Energi 2018 (KMHE 2018) membuat tim Semeru Universitas Negeri Malang (UM) semakin percaya diri melangkahkan kaki pada kompetisi kelas internasional selanjutnya. 2 tim ini terbukti mampu mengalahkan tim-tim yang cukup tangguh dan juga merupakan juara bertahan dalam ajang ini, seperti tim rakata asal Institut Teknologi Bandung (ITB).
Ditemui wartawan siang ini (4/12), baik dosen pembimbing maupun para anggota tim yang telah melalui kompetisi ini mengaku tidak menyangka mampu membawa pulang medali tahun ini. “Akhirnya kami bisa menang dan membawa pulang medali, tapi sebetulnya di tahun-tahun sebelumnya kami sudah masuk di 3 besar.” Tukas Dr. Afita Ayu Permata Sari, dosen pembimbing tim yang menang pada kategori prototype ethanol.
Timnya sukses memenangkan pertandingan dengan mengambil peluang kompetisi di kategori ethanol dengan capaian 543 km per liter. “Tapi alhamdulillah kami bisa, padahal di tahun 2017 kami masih di angka 317 km per liter sekarang kita bisa segini alhamdulilah.” terangnya.
Disamping itu untuk tim lain yang mengikuti kompetisi di kategori urban, AKASA Urban Concept, kompetisi ini sendiri merupakan kompetisi kedua yang telah diikuti. Dr. Sukarni, pembimbing dari tim ini memang mengungkapkan perlu strategi khusus untuk pemenangan kompetisi ini.
“Kan ini kompetisi yang perpaduan teknologi dan skill, jadi kita gimana caranya memadukan dua hal ini.” Paparnya pada wartawan.
Meskipun berbagai kesiapan dan teknik telah dirampungkan, namun Yoki Setiawan, manajer tim ini mengaku menemukan beberapa kesulitan. “Tapi waktu 2 tahun ini riset masih kurang, untuk kontes kedepan engine akan kami rombak total karena berkaca dari tim yang menang secara aerodinamis milik kami masih jauh. Akan kami ubah body dan engine untuk kompetisi-kompetisi selanjutnya,” Tandasnya. (Pus)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
Total Hampir 2 Trilyun, Ini Lho Keunggulan-Keunggulan Kuliah di Politeknik

Perkembangan politeknik di seluruh Indonesia nampaknya makin menjadi perhatian banyak pihak. Contohnya dalam beberapa tahun terakhir Kemenristekdikti mendapat dana hibah

Close