Mengenal Sabyan Gambus, Musisi Religi yang Lagi Viral

Infokampus.news – Sejak menjelang Ramadan beberapa waktu lalu, grup musik Sabyan Gambus berhasil mencuri perhatian pencinta musik Indonesia dengan lagu-lagu bersyair shalawat/religi. Lantunan musik Sabyan hampir selalu terdengar di banyak tempat: di toko-toko, swalayan, mal, kantor, dan bahkan di mobil sebagai teman perjalanan. Siapa sih sebenarnya Sabyan Gambus ini? Yuk simak selengkapnya di bawah ini.
Sabyan Gambus, Berawal dari Panggung Hajatan Hingga Jadi Musisi Jutawan

Sabyan Gambus dibentuk pada tahun 2015 dengan jumlah personel sebanyak 6 (enam) orang, yakni Khoirunnisa alias Nissa (vokalis), Ahmad Fairuz alias Ayus (keyboard), Sofwan Yusuf atau Wawan (perkusi), Kamal (darbuka), Tubagus Syaifulloh alias Tebe (biola), dan Anisa Rahman (backing vokal).

Pemain perkusi Sofwan Yusuf atau Wawan mengatakan awalnya Sabyan Gambus adalah grup musik yang dibentuk pada tahun 2015 yang kerap mengisi acara-acara pesta pernikahan. Nama Sabyan diambil dari nama anak pemain keyboard mereka, Ayus.
“Nama spesial dari leader kami, Ayus. Karena Sabyan itu nama anaknya (Ayus),” ujar Wawan.
Grup ini berdiri dengan para pemain instrumen sebagai anggota tetap dan tanpa vokalis tetap, sehingga grup ini sering memakai penyanyi cabutan tiap mengisi acara. Hingga di tahun berikutnya, Nissa bergabung bersama Sabyan Gambus. Dengan Nissa sebagai vokalis, video yang diunggah Sabyan semakin banyak meraup penonton. Karena selain suaranya yang begitu tenang namun menghanyutkan itu, Nissa memiliki paras yang ayu.
nissa sabyan gambus
Lewat platform YouTube, mereka melangitkan lagu-lagu selawat yang sudah ada sebelumnya, atau biasa dikenal dengan istilah cover. Di channel Official Sabyan gambus, 8 video mereka mendulang jutaan views. Bahkan, mereka sudah memiliki 2,1 juta subscribers. Lagu yang mengantarkan popularitas Sabyan, yaitu “Ya Habibal Qolbi” yang diunggah pada 25 Desember 2017 itu sudah ditonton sebanyak 136.905.395x juta kali. Kemudian ada “Rohman Ya Rohman” lebih dari 58 juta view, “Ya Asyiqol” lebih dari 57 juta view, dan “Deen Assalam” yang telah tonton lebih dari 56 juta kali.
Sejak saat itu pula, Sabyan banjir tawaran manggung. Sejauh ini, penghasilan Sabyan Gambus berasal dari dua sumber, yaitu honor manggung, dan penghasilan dari YouTube.

Dilansir dari tayangan Hitam Putih, Sabyan Gambus pernah menyebutkan tarif manggung mereka.

“Sekitar 30 – 40 juta rupiah,” kata Ayus.

Tarif ini tentu sangat luar biasa, sebab di awal karir mereka 2-3 tahun yang lalu, tarif mereka masih sebatas di angka 3 juta rupiah. Dari tayangan Hitam Putih pula diketahui bahwa Sabyan hanya libur 1-2 hari dalam seminggu, yang berarti bisa diakumulasikan dalam satu bulan Sabyan rata-rata aktif manggung 20 hari.

Belum lagi jika ditambah dengan penghasilan dari YouTube, wah total pendapatan mereka dalam satu bulan bisa mencapai ratusan juta bahkan miliaran!

Ternyata selain mengcover lagu, Sabyan juga mempunyai lagu sendiri yang tak kalah populer lho. Dalam kurun seminggu, lagu berbahasa Indonesia yang berjudul “Ya Maulana” itu telah ditonton lebih dari 18juta kali. Bahkan hingga artikel ini dibuat, viewnya sudah mencapai 25juta lho, keren banget kan!

Atas kesuksesan Sabyan Gambus, Wawan mengaku bersyukur bahwa grup musiknya telah mendapat tempat di belantika musik Indonesia. (him)

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
Pengeluaran Makin Boros
Jelang Lebaran Pengeluaran Makin Boros? Kamu Perlu Simak Tips Berhemat Ini

Menjelang lebaran pengeluaran makin boros? Wah sepertinya memang ini sudah mewabah di masyarakat Indonesia ya. Tapi jika kamu ingin menekan pengeluaranmu,...

Close