Sambut Bulan Ramadhan, 8 Aplikasi Keren Ini Cocok Untuk Mahasiswa!

Infokampus.news – Populasi Muslim di seluruh dunia saat ini mencapai 1,7 miliar jiwa yang sebagian besar  tersebar di kawasan Timur Tengah, Afrika, dan Asia Tenggara. Populasi Muslim yang terus meningkat seiring dengan berkembangnya waktu menciptakan sebuah peluang bisnis yang cukup menggiurkan. Beberapa publisher aplikasi baik Apple maupun Android akhirnya berlomba-lomba menciptakan aplikasi keren dan terupdate yang cocok untuk gaya hidup seorang Muslim.

Aplikasi ini membantu Muslim untuk lebih mudah beribadah hingga di tengah kesibukannya mereka tetap ingat kepada Allah. Para Muslim bisa membaca Alquran hingga pengetahuan tentang Islam dengan lebih cepat terutama di bulan Ramadan seperti sekarang. Anyway, kalau puasamu inginfull, coba deh gunakan beberapa aplikasi ini.

1. Alquran Indonesia

Apuasa-1

Kegiatan tadarus di bulan ramadhan merupakan kegiatan yang paling diburu oleh para umat muslim dunia. Pasalnya, dengan bertadarus di bulan ramadhan banyak sekali pahala yang akan didapatkan pada bulan penuh berkah ini. Bagi kamu yang memiliki segudang kesibukan, kini tidak ada halangan untuk  tetap beribadah dengan membaca Alquran digital di smartphone kamu.

2. Konsultasi Syariah

Apuasa-2

Apabila kamu memiliki segudang pertanyaan seputar Islam, maka kamu bisa menggunakan aplikasi ini. Kamu cukup mengetikkan kata kunci pertanyaan kamu pada kolom pencarian dan kamu akan disuguhkan berbagai penjelasan terkait pertanyaan mu. Navigasi aplikasi ini terbilang mudah , Ada beberapa daftar kategori konsultasi syariat, seperti: Aqidah, Dakwah, Doa, Ekonomi, Hadits, Ibadah, Keluarga, Pernikahan, Kesehatan, Makanan, Pendidikan, dan masih banyak lagi.

3. Hadist Shahih

Apuasa-3

Aplikasi ini berisi hadist shahih yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim. Aplikasi ini merujuk pada Kitab Riyadhus Shalihin karya Imam (besar) An-Nawawi. Ukuran dari aplikasi ini pun terbilang cukup ringan, dan tentunya menggunakan bahasa Indonesia.

4. Qibla Connect

Apuasa-4

Jika kamu sedang berpergian di bulan ramadhan, seperti mudik dan sebagainya, ketika kamu di hadapkan pada suatu tempat dimana tidak tahu barat dan timur maka aplikasi ini akan membantumu saat menentukan kiblat. Aplikasi Qibla Connect ini sangat akurat sehingga sangat direkomendasikan.

5. Waktu Sholat, Kiblat, Adzan, Doa

Apuasa-5

Jika kamu ingin aplikasi multi in one aplikasi inilah pilihannya. Kamu dapat menentukan waktu sholat sesuai lokasimu, disertai dengan adzan sebelumnya, dan kamu juga diberikan fungsi menentukan arah kiblat serta doa-doa islam didalamnya.

5. Kalkulator Zakat

 

kalkultor zakat

 

Salah satu ibadah puncak sebelum melaksanakan sholat ‘Ied sebagai penutup bulan Ramadhan yaitu membayar uang zakat. Kewajiban membayar uang zakat ini berlaku bagi Sobat yang sudah memiliki penghasilan tetap bulanan dan/atau yang sudah memiliki bisnis sendiri. Aplikasi Kalkulator Zakat bisa memudahkan Sobat dalam menghitung berapakah kewajiban zakat yang harus dikeluarkan tiap tahunnya.

 

6. Buka Dimana

 

buka dimana

 

BukaDimana adalah aplikasi penunjuk tempat buka puasa yang paling dekat dari posisi kamu sekarang – di aplikasi ini kamu bisa temukan restoran dan tempat makan untuk buka puasa. Temukan berbagai macam Resto, Cafe, Warung dan tempat nongkrong asik lainnya di aplikasi ini – juga ada informasi jadwal buka puasa jadi bisa bikin kamu nggak akan ketinggalan buka puasa

Aplikasi ini dikembangkan menggunakan API dari Urbanesia – layanan city directory dengan lebih dari 220.000 bisnis di Jakarta dan Indonesia. BukaDimana dapat digunakan dimana saja Urbanesia berada

 

7. Ainun

 

ainun

 

Aplikasi ini dikembangkan oleh developer asal Indonesia yaitu Weirdsgn dan Dihardja Software Solutions. Ainun sendiri diambil dari bahasa Arab yang berarti mata, pengembang berharap melalui aplikasi Ainun ini, para pengguna bisa menggunakan Ainun sebagai tools untuk berbagi momen dari kacamata seorang Muslim.

Ainun meletakkan sebuah template khusus yang berisi kaligrafi, perkiraan cuaca, gambar penandaan lokasi, waktu, 10 filter foto serta kalimat inspirasional pada foto Sobat. Nah, luar biasanya lagi, Sobat bisa melakukan share desain di akun media sosial Sobat seperti Facebook, Instagram, Twitter, Path, dan Google+.

 

8. Athan

 

athan 1

 

Athan didesain agar Sobat mendapatkan waktu solat yang paling akurat, sehingga dimanapun dan kapanpun Sobat tahu waktu solat yang pasti. Athan App akan dapat membantu menerapkan kedisiplinan beribadah ditengah kesibukan dengan cara yang mudah dan menyenangkan. Sobat akan mendapatkan penghargaan (badge) dari aplikasi ini apabila Sobat berhasil meningkatkan skor kedisiplinan ibadah Sobat. Ditambah lagi aplikasi ini dapat menemukan masjid terdekat dari tempat Sobat berada.

Inilah delapan aplikasi wajib yang harus ada di ponsel pintarmu. Dengan empat aplikasi yang telah disebutkan di atas, kualitas ibadahmu di bulan Ramadan akan meningkat secara tajam. So, jangan tunda-tunda lagi ya. Buat Ramadan tahun ini menjadi penuh makna.

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sudah Tahu Perubahan Jadwal Kuliah UB Selama Ramadan?

Nah selama bulan Ramadan atau bulan puasa, UB mengumumkan adanya perubahan jadwal kuliah UB dan jam aktif pegawai.

Close