Sambut Hari Buku, Berikut ini Tempat yang Wajib Kamu Kunjungi Untuk Melihat Jendela Dunia

Infokampus.news – Tepat hari ini, 23 April 2019, diperingati sebagai Hari Buku Sedunia, dan dikenal pula dengan Hari Buku dan Hak Cipta Sedunia dan Hari Buku Internasional. Hari Buku merupakan hari perayaan tahunan yang digagas oleh UNESCO untuk mempromosikan peran membaca, penerbitan, dan hak cipta. Sebagai momen yang selalu diperingati tiap tahun, ternyata momen ini punya sejarah unik.

Di Indonesia sendiri, peringatan ini baru dimulai tahun 2006 yang diprakarsai oleh Forum Indonesia Membaca. Tentunya peringatan Hari Buku Sedunia ini dibuat dengan harapan dapat meningkatkan minat baca masyarakat Indonesia. Berdasarkan data Unesco dari 1.000 penduduk Indonesia yang minat membaca hanya satu orang atau perbandingannya 1000:1. Kemudian dari sisi jumlah buku, 1 buku dibaca 15 ribu orang padahal yang seharusnya menurut Unesco, 1 buku hanya dibaca untuk 2 orang.

Selain itu, tingkat akses masyarakat Indonesia terhadap buku juga masih sangat kecil, yakni berkisar 41 persen. Rata-rata hanya 2 persen dari bangsa Indonesia yang datang ke perpustakaan. Yuk, mulai sekarang lebih rajin membaca buku. kali ini tim infokampus.news akan beritahu Sobat FoKus tempat yang wajib kmau kunjungi untuk melihat jendela dunia.

1. Kobe, Jepang

Kobe Jepang

Di Asia Timur, Anda b isa berkunjung ke Kobe, Jepang. Salah satu sastrawan yang terkenal dari sana adalah Haruki Murakami. Karya-karya Murakami memiliki elemen surealis, seringkali dengan tema melankolis. Objek wisata yang bisa dikunjungi antara lain Kuil Ikuta, Arima Onsen, Jembatan Akashi-Kaikyo dan Anda bisa menginap di Arimakoyado Hataya Ryokan.

2. Camarines Norte, Filipina

Filipina

 

Bisa juga pelesir ke Filipina, sastrawan yang terkenal adalah Ricky Lee, penulis naskah film dan naskah drama. Objek wisata yang bisa Anda kunjungi di sana yakni Kepulauan Calaguas, Pulau Apuao Grande, Pantai Bagasbas. Kunjungi kota kelahiran Lee di Camarines Norte di pusat Bicol, Filipina dan nikmati pantai-pantainya yang indah seperti yang ada di Pulau Apuao Grande dan gugusan pulau Calaguas.

3. Pulau Belitung, Indonesia

Belitung

Indonesia punya sastrawan Andrea Hirata dengan karya terkenalnya Laskar Pelangi. Di sana Anda bisa berkunjung ke Pantai Tanjung Kelayang, Museum Kata Andrea Hirata, Rumah Tradisional Belitung, dan habiskan malam Anda di Arumdalu Private Resort di Tanjung Pandan,

4. New York, Amerika Serikat

New York

Dari New York ada Jenny Han sebagai penulis fiksi dewasa muda.  Anda bisa berkunjung ke Empire State Building, Patung Liberty, Jembatan Brooklyn, Broadway.

5. Aracataca, Kolombia

Kolombia

Kota Aracataca dibangun di sepanjang sungai dengan nama yang sama dan merupakan kota kelahiran pemenang Penghargaan Nobel Kesusastraan Gabriel Garcia Marquez.

Bukan hanya sekadar diperingati, Hari Buku Sedunia juga ikut mendorong masyarakat di Indonesia untuk giat membaca. Sebab, fakta yang terjadi minat baca orang Indonesia masih rendah. Hasil survei UNESCO pada 2011 menunjukkan, indeks tingkat membaca masyarakat Indonesia hanya 0,001 persen. Artinya, hanya ada satu orang dari 1.000 penduduk yang masih ‘mau’ membaca buku secara serius.

Bahkan, Most Literate Nations in the World pada Maret 2016 merilis pemeringkatan literasi internasional yang menempatkan Indonesia berada di urutan ke-60 di antara total 61 negara. Sedangkan pada World Education Forum yang berada di bawah naungan PBB, Indonesia menempati posisi ke-69 dari 76 negara.

Buku, bukan hanya sekadar untuk dihapal. Buku merupakan sebuah bentuk wawasan, yang bisa membantu kita untuk lebih mengenal diri sendiri, dinamika sosial, bahkan mengenal seluruh isi dunia yang kita tinggali. Mari luangkan waktu dengan membaca, selamat hari buku! (Jul)

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
Unikama Gelar Training AWS Educate by Amazone Singapore

Infokampus.news, Malang - Tren digital startup di era teknologi yang sangat maju ini rupanya mulai dilirik banyak pihak terutama para

Close