Sambut Kemenangan, Bimasakti Kembali Bawa Kebanggaan Bagi UGM di Ajang Internasional

Infokampus.newsTim Bimasakti menjadi perwakilan Universitas Gadjah Mada di ajang Student Formula Japan 2017. Ajang Internasional yang dilaksanakan sejak 5-9 September 2017 di Ecopa Stadium, Shizuoka, Jepang ini membawa banyak cerita bagi tim Bimasakti.

Tim Bimasakti Pertamina Universitas Gadjah Mada mengikuti serangkaian kegiatan yang diadakan selama kompetisi berlangsung, diantaranya adalah Static EventTechnical Inspection, dan Dynamic Event. Tim Bimasakti berhasil melewati Technical Inspection di hari kedua perlombaan dan berhak maju ke tahap Dynamic Event yang terdiri dari Acceleration, Skid Pad, Autocross, Endurance dan Efficiency.

Sebelumnya Tim Bimasakti sudah mempersiapkan diri untuk ajang Formula Society of Automotive Engineers Japan 2017 sejak bulan September 2016 lalu. Tim Bimasakti sudah berhasil membawa pulang 3 penghargaan yakni Tim Terbaik Se-Asia Tanggara dengan peringkat 26 secara keseluruhan, 3rd Efficiency kategori ICV, dan 3rd Overseas Team.

Pada tahun ini, Bimasakti mengalami kemajuan besar dalam segi technical inspection, yaitu dapat menyelesaikannya dalam waktu 1,5 hari. Jika dibandingkan dengan tahun lalu, tim Bimasakti harus melakukan berbagai tes secara berulang kali dan dalam jangka waktu yang lebih lama.

“Setelah lolos Technical Inspection yang ketat, Bimasakti mengawali Dynamic Event dengan mengikuti Acceleration Event dengan catatan waktu 5,962 detik. Kemudian dilanjutkan dengan Skid Pad Event dengan catatan waktu 10,830 detik. Pada event ini, mobil Bimasakti mengalami kenaikan poin yang signifikan dari 2,5 poin pada tahun sebelumnya menjadi 42,45 poin,” terang Rifqi Taufik Alhakim selaku ketua tim Bimasakti.

Peningkatan Prestasi, Tim Bimasakti Pacu Potensi di Setiap Kompetisi

Selain itu, pada Autocross Event, mobil BM-6 mencatat waktu terbaik sepanjang sejarah mengikuti kompetisi Student Formula Japan dengan catatan waktu 1:05:123. Autocross Event adalah event yang menentukan posisi tim pada Endurance Event. Bimasakti merupakan salah satu dari dua tim Indonesia yang berhasil maju ke tahap ini.

“Setelah melewati 9 dari 20 Lap yang seharusnya diselesaikan, mobil BM-6 mengalami problem teknis sehingga tidak bisa menyelesaikan event ini sepenuhnya,” tuturnya.

Sebuah peningkatan yang sangat signifikan, pada Cost & Manufacturing Event Bimasakti berhasil mendapat peringkat 45 dari 98 tim. Pada Design Event, menduduki peringkat 31 dengan poin 77 yang merupakan perolehan tertinggi diantara tim Indonesia lainnya. Pencapaian yang paling utama adalah peningkatan prestasi pada Business Presentation, yaitu salah satu tim dengan 5 poin tertinggi.

Sebuah kebanggan Tim Bimasakti dapat membawa pulang prestasi di ajang Internasional, dengan begitu menjadi tantangan tersendiri untuk semakin meningkatkan potensi dari pengalaman-pengalaman yang telah didapat dari setiap kompetisi yang di ikuti oleh Tim Bimasakti Pertamina Universitas Gadjah Mada(has)

Sumber : https://www.ugm.ac.id/

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Ini 5 Prospek Kerja Terbaik Bagi Lulusan Teknik Sipil!

Jurusan kuliah satu ini memang menjadi salah satu jurusan yang memiliki prospek kerja yang cerah bagi para lulusan teknik sipil

Close