Sanksi Akademik PT Jika Masih Ada Kekerasan Dalam Kegiatan OSPEK

Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus atau OSPEK adalah satu hal yang dialami oleh hampir semua mahasiswa Indonesia. Kegiatan yang diberikan untuk mahasiswa baru ini sudah menjadi tradisi di dunia akademik tanah air. Tujuannya satu: untuk memperkenalkan mahasiswa baru pada lingkungan kampus dan kakak-kakak seniornya. Sayang, masih banyak kegiatan OSPEK yang justru membawa lebih banyak dampak negatif.

Namun adanya, kegiatan OSPEK di Indonesia sering kali diisi oleh kekerasan dalam bentuk verbal dan bahkan tidak jarang terjadi kekerasan fisik. Dengan konsep junior harus patuh kepada senior, apapun perintahnya. Sehingga sering kali para peserta OSPEK mengenakan pakaian dan ornamen yang tidak wajar bahkan harus mau menerima hukuman fisik dari senior bahkan sampai berujung pada kematian.

Baca Juga:

Namun berhubung Ospek sebenarnya adalah sebuah kegiatan memperkenalkan kampus kepada mahasiswa aru, yang berfungsi sebagai jembatan untuk mensosialisasikan kehidupan di Perguruan Tinggi dan proses pembelajaran yang akan dihadapi mereka. Maka Ospek tetap menjadi sesuatu kegiatan yang dibutuhkan dan dibenarkan peraturan perundangan tentang Kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler, diatur masing-masing kampus berpedoman pada Keputusan Dirjen Dikti Tahun 2014 tentang panduan umum pengenalan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru.

1) UU no. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi dan Penjelasan

(1) Mahasiswa mengembangkan bakat, minat, dan kemampuan dirinya melalui kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler sebagai bagian dari proses Pendidikan.
(2) Kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dapat dilaksanakan melalui organisasi kemahasiswaan.
(3) Ketentuan lain mengenai kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler sebagaimana dimaksud pada ayat (1) diatur dalam statuta Perguruan Tinggi.

2) Surat Edaran Dirjen Belmawa no.01/DJ-Belmawa/SE/VII/2015

Tentang Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) 2015-2016.

3) Keputusan Dirjen Dikti No.25/DIKTI/Kep/2014

Tentang Panduan Umum Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru.

(cska)

 

Sumber : kopertis12.or.id

ADV-728_x_90

cska

Admin Super INFOKAMPUSNEWS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

UB Perketat Sistem Keamanan Proses Seleksi Mandiri Tahun Ini

Universitas Brawijaya (UB) tahun ini berencana akan memperketat sistem pengamanan proses ujian seleksi mandiri yang akan diadakan 19 Juli mendatang

Close