Sasar 186 Desa di Jawa Timur, UMM Jadi Universitas Dengan Jangkauan KKN Terluas

Infokampus.news, Malang – Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM) Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) yang telah berlangsung sejak 1987, kembali melaksanakan pelepasan mahasiswa KKN pada tahun 2017 ini. Berlangsung pada Rabu (19/7) sebanyak 5.161 mahasiswa KKN UMM dilepas untuk mengikuti program KKN UMM yang menjangkau 186 Desa di Jawa Timur.

KKN UMM Sebagai Realisasi Slogan “Dari Muhammadiyah Untuk Bangsa”

Direktur DPPM UMM, Prof Dr Sujono MKes saat memberikan sambutan diacara pelepasan mahasiswa KKN pun sedikit menceritakan perjalanan program KKN yang telah berlangsung dari selama 30 tahun tersbut. Prof. Sujono mengungkapkan, bahwa Program KKN UMM senidir merupakan program multidisipliner yang menggabungkan mahasiswa dari berbagai bidang ilmu.

“Program KKN ini sendiri merupakan bentuk dari tangung jawab UMM terhadap masyarakat. Kegiatan KKN ini juga tentunya membawa semangat slogan UMM, yaitu Dari Muhammadiyah Untuk Bangsa. Jadi, ini bentuk tanggung jawab UMM untuk memajukan masyarakat khususnya masyarakat desa,” Paparnya.

Sasar 186 Desa di Jawa Timur, UMM Upayakan Pembangunan Masyarakat Di Desa

Selain itu, dengan program KKN yang kali ini menjangkau 186 Desa di Jawa Timur membuat UMM mempunyai predikat sebagai kampus dengan jangkauan daerah KKN terluas se-Jawa Timur, yakni 186 desa di 18 kabupaten. Dengan prestasi ini Prof. Sujono berharap, DPPM UMM akan terus mengembangkan desa jangkauannya untuk mengembangkan masyarakat di pedesaan.

“Banyak kampus yang menghapus program KKN, tapi UMM harus terus melaksanakannya. Ini aksi nyata dari slogan ‘Dari Muhammadiyah untuk Bangsa’. Potensi dan manfaat KKN sangat banyak bagi pengembangan masyarakat,” Pungkasnya.

Mentri Sosial RI Yakin Mahasiswa UMM Bisa Beri Solusi Dalam Permasalahan Masyarakat

Dalam acara pelepasan tersebut juga dihadiri oleh Mentri Sosial RI Khofifah Indar Parawansa. Dalam kuliah tamunya sendiri, Khofifah berpesan agar mahasiswa KKN peka terhadap lingkungan sekitar dan bisa menggali potensi tersebut menjadi aksi nyata.

“Manfaat kan dan kembangkan potensi-potensi didesa tersebut walaupun sebenarnya hal tersbetu sangat sederhana. Semoga dengan Putra-putri UMM yang langsung turun ke masyarakat bisa memecahkan solusi yang ada layaknya  jejak KHA Dahlan sebagai pendiri Muhammadiyah,,” ujar Khofifah. (uch)

 

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

MTQMN XV Bagi UM Tidak Hanya Kompetisi, Tapi Ajang Pembentukan Karakter

Bagi UM atau Universitas Negeri Malang, ajang MTQMN ke-15 yang akan berlangsung 28 Juli hingga 4 Agustus 2017 nanti bukan

Close