Satu-Satunya Tim Yang Mampu Capai Garis Finish, ITN Malang Sabet Juara Satu KKCTBN 2018

Infokampus.news, Malang – Dalam Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional 2018 atau KKCTBN 2018, tim Uber Allers Robobot Tim 1 Institut Teknologi Negeri Malang (ITN Malang) berhasil meraih posisi pertama. Adalah 7 anggota mahasiswa teknik mesin Bambang Hermanto (manajer tim), Ananda Putra (teknisi), Matheus Benyamin (driver), Constantino Panggih (non teknis), Muhammad Farid (non teknis), Rian Widia (non teknis), Azwar Alamsyah (non teknis).

Kapal andalan mereka yang memiliki panjang 95 cm dengan engine 30 cc dan berbahan bakar bensin campuran ini mampu mencapai garis finish tanpa kendala.
“Hanya kami satu-satunya yang mampu mencapai garis finish, kami memang sudah sangat siap untuk berkompetisi sampai kami bawa semua cadangan seperti cadangan mesin saja kami bawa 2 buah.” Ungkap Bambang Hermanto, manajer tim UART-1.
Kapal yang dikerjakan dalam waktu dua minggu dan menghabiskan dana sekitar 45 juta ini mampu mencapai garis finish pada trek balapan lurus dengan waktu tempuh 22 detik pada lintasan sejauh 50 meter.
“Kami santai saja jalannya yang penting sampai tujuan, karena yang lain semua gagal kebanyakan mesin mati di tengah jalan. Sebenarnya race ada 2 satunya lurus satunya mengitari bola, untuk yang mengitari bola kami tidak menghitung berapa,” terangnya.
Ternyata di tahun 2016 tim ini juga menjuarai KKCTBN yang sama di posisi pertama. Tak heran saat ditemui wartawan, rektor ITN Malang Prof. Dr. Ir. Lalu Mulyadi menggadang gadang adanya regenerasi tim setiap tahunnya.
“Kami selalu mendorong agar ada regenerasi, karena kita memang punya 3 unggulan dari teknik mesin yakni kapal tanpa awak ini, mobil hemat energi dan pesawat itu. Saya akan terus berupaya untuk mempertahankan 3 ini,” Tandasnya. (Pus)

Berita Terkait

  • Bagi Andry Putra, atau yang akrab disapa Andry, masuk di jurusan Teknik Arsitektur ITN Malang (Institut Teknologi Nasional Malang) adalah sebuah berkah tersendiri. Salah satu mahasiswa
  • Infokampus.news - Beberapa daerah di Indonesia masih banyak yang belum mendapatkan aliran listrik. Hal ini membuat Mahasiswa ITN melakukan tindakan pemberdayaan masyarakat melalui penerapan pembangkit listrik tenaga air skala Pikohidro.  Mahasiswa Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang  melakukan pemberdayaan masyarakat secara mandiri lewat penerapan pembangkit listrik tenaga air skala pikohidro. Pemasangan pikohidro sendiri diadakan pada bulan Juli 2018 dengan melibatkan 15 mahasiswa Teknik Elektro. Kali ini sasaran mereka salah satunya adalah…
  • Infokampus.news – Minuman karya Mahasiswi ITN Malang yang bernama “Mister Mix Fruit Tebu Pipa california” ini kaya akan vitamin C dan antioksidan. Mix Fruit ini berhasil meraih juara dua lomba poster PKM Host Universitas Negeri Malang (UM). Mahasiswi teknik kimia ini juga menjelaskan proses pembuatan dari bahan baku hingga menghasilkan serbuk instan yang siap dijadikan minuman. Pertama, labu kuning dikukus kemudian dicampur dengan semua bahan tadi. Kemudian dihancurkan dan ditambah…

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
Mulai Bangun 5 Gedung Sekaligus, Unisma Gelontorkan 20 Milyar Dana

Hari ini total sebanyak 5 gedung akan mulai dibangun di beberapa titik di lokasi Universitas Negeri Malang (Unisma). 5 gedung...

Close