Penyelenggara Ubah Sistem Seleksi, Simak SBK Beasiswa LPDP 2018 Ini

Infokampus.news – Beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) adalah beasiswa di bawah naungan Kementerian Keuangan RI untuk melanjutkan pendidikan perguruan tinggi jenjang S2 dan S3 di dalam ataupun di luar negeri. Salah satu syarat bagi peserta yang mendaftar beasiswa LPDP ke luar negeri adalah ia harus bersedia dipulangkan kembali ke Indonesia setelah masa studi berakhir untuk mengabdi di tanah air. Tahun 2018 ini, sistem pelaksanaan beasiswa LPDP sedikit diubah, menggunakan sistem SBK atau Seleksi Berbasis Komputer. Bagaimana penjelasan mengenai sistem SBK beasiswa LPDP 2018 ini? Simak ulasannya di bawah ini.

 

Tes Potensi Akademik SBK Beasiswa LPDP 2018

Setiap peserta beasiswa LPDP pasti memiliki potensi akademik yang berbeda-beda. Dengan demikian, panitia penyelenggara LPDP menggunakan sistem SBK untuk melakukan penilaian terhadap potensi akademik calon mahasiswa berdasarkan jumlah passing grade yang mampu mereka raih. Jika peserta mampu meraih nilai passing grade yang telah ditentukan, maka peserta dapat mengikuti ujian tahap berikutnya.

 

Pengganti Online Assessment

Dalam penyelenggaraan sistem SBK LPDP ini, ada kerja sama dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN). BKN ialah lembaga resmi milik Pemerintah non Kementerian yang memiliki tugas dan tanggung jawab dalam melakukan segala urusan yang berkaitan erat dengan kegiatan manajemen pegawai negara. LPDP dan Badan Kepegawaian Negara menggunakan sistem SBK sebagai pengganti online assessment yang pada umumnya digunakan untuk pendaftaran siswa atau mahasiswa baru.

 

Jika peserta beasiswa LPDP telah dinyatakan lolos seleksi administrasi atau lolos berkas administrasi yang diminta panitia, selanjutnya peserta dapat mengikuti sistem SBK yang terdiri dari ujian kompetensi akademik, ujian kompetensi, dan ujian tertulis.

Karena sistem ini masih baru, penggunaan sistem SBK beasiswa LPDP tidak diterapkan di semua daerah di Indonesia. Sistem ini hanya diterapkan di beberapa daerah di Indonesia saja. Terhitung sejumlah 18 daerah menggunakan metode SBK beasiswa LPDP.

 

Jadwal SBK LPDP

Bagi yang telah mendaftar dan lolos seleksi administrasi beasiswa LPDP 2018, SBK dilaksanakan pada tanggal 10 Juli 2018-24 Juli 2018.

Jadwal pelaksanaan selegkapnya bisa cek di halaman resmi LPDP di https://www.lpdp.kemenkeu.go.id/jadwal-lokasi-dan-tata-tertib-seleksi-berbasis-komputer/

 

 

Sumber:

https://edukasi.kompas.com/

 

Berita Terkait

  • Infokampus.news – yeaaaay informasi beasiswa bagi kamu mahasiswa aktif datang lagi, kali ini beasiswa tahun 2018 datang dari SKK Migas dan PT Pertamina Hulu Mahakam (PHM).  Mau dapat beasiswa ini? Simak persyaratan yang diberikan. Sebelum sampai tahap alur, berikut ini adalah universitas yang dapat mengikuti proses seleksi beasiswa, Universitas Balikpapan, Sekolah Tinggi Teknologi Minyak dan Gas (STT MIGAS) Balikpapan, Institut Teknologi Kalimantan, Universitas Kutai Kartanegara Tenggarong, Universitas Mulawarman Samarinda, Universitas…
  • Infokampus.news – Ikatan Alumni (IKA) Universitas Brawijaya Malang membuka pendaftaran beasiswa IKA 2018 bagi para mahasiswa Universitas Brawijaya. Beasiswa ini sebagai wujud nyata pelaksanaan program kerja pengurus IKA tahun 2018. Sesuai dengan pasal 5 dan pasal 6 anggaran Dasar Ikatan Alumni Universitas Brawijaya mengenai penyediaan dana beasiswa, IKA akan memberikan beasiswa pada semester ganjil tahun ajaran 2018/2019 bagi 32 mahasiswa terpilih. Masing-masing fakultas akan dipilih 2 orang mahasiswa dan selama…

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
para dokter
Rektor UNISMA Sarankan Para Dokter Lakukan Ini Agar Hidup Lebih Bermakna!

Rektor UNISMA Prof. Dr. Maskuri sarankan para dokter PDNU (Perhimpunan Dokter Nahdlatul Ulama) untuk menyisihkan waktu di sela kesibukan mereka...

Close