SBMPTN 2017, UM Persiapkan 1500 Pengawas

Infokampus.news, Malang – Sebagai rangkaian dalam menggelar even akbar ujian SBMPTN 2017, Universitas Negeri Malang yang menjadi pelaksana ujian untuk kategori Saintek telah jauh hari mempersiapkan diri. Hal ini terbukti dari coaching pengawas dan penanggungjawab ruang SBMPTN kelompok ujian Saintek dilaksanakan di Universitas Negeri Malang (UM), Jumat (12/5). Dalam pelatihan tersebut, selama lima sesi sebanyak 1500 pengawas disuguhi berbagai materi tentang tata cara pelaksanaan uian SBMPTN baik itu yang CBT maupun PBT.

“Dari 1500 orang tersebut, 1000 orang adalah warga UM sendiri yang berasal dari dosen, tenaga administrasi, dan pegawai. Sementara sisanya adalah para dosen, guru, dan pegawai kampus-kampus dan sekolah-sekolah yang telah kami tunjuk untuk membantu pelaksanaan SBMPTN 2017 ini,” terang Wakil Rektor 1 UM, Prof. Dr. Hariyono, M.Pd.

1500 orang pengawas itu nantinya akan mengawasi sekitar 15 ribu orang peserta ujian SBMPTN kategori kelompok Saintek. Dengan begitu, untuk rasio pengawas dan peserta adalah satu orang pengawas mengawasi 10 orang peserta.

1500 Pengawas Untuk 15395 Peserta

Dengan rasio satu pengawas untuk 10 peserta tersebut, diharapkan nantinya para pengawas tidak kesulitan untuk mengawasi gerak-gerik mencurigakan para peserta. Sementara dari sudut pandang peserta, mereka tidak merasa tertekan Karena selalu diawasi.

Dalam pelaksanaannya, Rektor UM, Prof Dr Rofiudin sempat berpesan tentang beberapa perilaku yang perlu diawasi nantinya. Ada beberapa hal yang perlu mendapat perhatian dari pengawas, misalnya peserta yang bolak balik ke kamar kecil, atau juga jika ada peserta perempuan yang memakai jilbab dan seringkali memagang telinganya. “Bisa jadi ada alat di telinganya,” ujarnya.

Hanya saja, pesan rektor, meski pengawas mengawasi peserta secara cermat dan serius, diharapkan petugas tidak membuat peserta tegang, sehingga pelaksanaan tes tetap berjalan lancar dan peserta mengerjakan soal-soal tes juga bisa nyaman. (ART)

Berita Terkait

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

UM Sebar Peserta Test Jurusan Saintek

Untuk seleksi mahasiswa baru ini, UM bertanggung jawab atas para calon mahasiswa baru yang mengikuti seleksi jurusan saintek.

Close