SBMPTN 2018 : Harapan dan Kebanggaan Keluarga

Infokampus.news, MalangSeleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) merupakan jalur kedua untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. Banyak yang berasumsi bahwa jalur SBMPTN merupakan jalur perjuangan yang sebenarnya dibanding dengan jalur SNMPTN yang tak memerlukan tes dan jalur mandiri yang memerlukan biaya cukup mentereng. Banyak keluarga khususnya orang tua yang rela menggelontorkan biaya lebih dengan mendaftarkan putra-putrinya di bimbingan belajar hingga membeli berbagai buku soal-soal latihan guna mendongkrak kemampuan. Maka dari itu, tak mengherankan rasanya bila pelaksanaan SBMPTN selalu ramai peminat yang berimbas pada macetnya jalanan di sekitar lokasi ujian. Tak terkecuali SBMPTN 2018 kali ini.

Kedatangan orang tua dan keluarga peserta SBMPTN bukanlah hal baru. Setiap tahun sebagian peserta datang ditemani oleh rombongan keluarganya. Bukannya tanpa tujuan, kedatangan keluarga dirasa memberi motivasi lebih bagi peserta SBMPTN.

“Aku tes ditemani ayahku yang jauh-jauh datang dari Banjarmasin sejak hari Sabtu. Buatku itu motivasi ganda disamping dapetin kampus idaman, bahagiain orang tua juga jadi motivasiku buat lolos SBMPTN 2018,” ujar Michael, salah satu peserta SBMPTN kategori Campuran di Universitas Islam Malang.

Bagi Michael, dukungan orang tua merupakan dorongan yang sangat kuat dan manjur untuk mencapai tujuan. “Di balik doa orang tua ke anaknya itu ada tangan Tuhan yang bantu ngelancarin segala urusan,” tutur Michael yang merupakan alumni dari SMAK St Albertus Malang.

Senada dengan Michael, Fira, salah satu peserta SBMPTN 2018 kategori SAINTEK di kampus 2 Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menuturkan betapa senangnya ketika ia bisa mengikuti SBMPTN ditemani oleh orang tua dan kakaknya. Makin menyenangkan karena ibunya rela pulang dari dinasnya di luar kota hanya untuk menemaninya tes SBMPTN.

“Seneng banget. Semoga kepulangan mama nggak sia-sia karena itu aku harus lulus SBMPTN,” tukasnya.

Harapan Keluarga Agar Anaknya Sukses di SBMPTN 2018

Keluarga yang datang turut menemani putra-putrinya peserta SBMPTN bukan tanpa motif. Menurut Soebandi, salah satu orang tua peserta SBMPTN 2018, ia berharap dengan kehadirannya dapat memotivasi anaknya. Tujuannya, agar anaknya dapat menjadi sosok yang lebih baik dari dirinya.

“Namanya orang tua pasti ingin nasib anaknya lebih baik dari orang tuanya ya, mas. Orang tua selalu siap kasih motivasi, dukungan buat apa yang dipengen anaknya biar sukses.”, ujar Bandi yang turut menemani anaknya ujian di Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN MALIKI) Malang.

Bandi juga beranggapan bahwa orang tua jangan selamanya memaksakan kehendak pada anaknya. Menurutnya, biarkan anak memilih mana yang ingin dan suka untuk dilakukan. “Agar anak tidak memiliki rasa terpaksa dalam menjalani hidupnya nanti,” tandas Bandi.

Lain halnya dengan Bandi, Ida datang dengan suaminya untuk menemani anaknya yang tengah melaksanakan SBMPTN di Universitas Brawijaya (UB). Menurut Ida, kedatangannya tidak serta merta menjadi dukungan motivasi atau moril, tapi juga untuk mengarahkan pada anaknya tentang kehidupan rantau.

“Kita tujuannya ngajarin caranya hidup di kota orang. Kita ajak keluar kota, kita biasain ketemu sama orang-orang lain biar dia nggak bingung waktu rantau nanti,” ujar Ida. (sig)

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
sbmptn kategori saintek usai
(Live Report) Akhir Bagi Kategori SAINTEK, Babak Terakhir SOSHUM dan CAMPURAN

Infokampus.news, Malang - Pertarungan para pejuang PTN dalam Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri 2018 (SBMPTN 2018) mendekati tahap akhir

Close