Sebagai Mahluk Milenial Tau Tata Kota Ramah Lingkungan? Ternyata Seperti Ini

Infokampus.news, Malang – Sistem tata kota ramah lingkungan yang berkelanjutan saat ini memang sangat diperlukan oleh semua kota di dunia. Menilik dari berbagai masalah lingkungan yang kerap terjadi saat ini adalah akibat dari tatakelola kota yang kurang apik dan berkelanjutan.
Untuk itu kali ini dalam Internatuonal Conference in graduate School on Sustainability (ICGSS) yang digelar di Universitas Merdeka Malang (UNMER) (23/9) beberapa narasumber dari negara lain seperti Malaysia mengupas tuntas seperti apa tata kota yang ideal dan memiliki visi berkelanjutan.
“Ada dua hal yang harus dimiliki yakni arsitektur dan akuntansi. Akunting disini mengacu pada prinsip kerja akuntansi yang selalu harus sesuai dengan peraturan dan juga sistem yang transparan. Disamping itu akuntansi disini misal yang dijelaskan oleh pembicara kita tentang water economic, air juga harus di audit agar kita tahu apakah selama ini penggunaan air kita ini hemat atau tidak.” Ungkap Dr. Nurhamdoko Bonifacius ketua pelaksana sekaligus Kaprodi Arsitektur Pascasarjana UNMER.
Selain itu untuk kota dengan sistem berkelanjutan, Indonesia dan beberapa negara sekitar termasuk Malaysia menurutnya sudah harus memanfaatkan matahari yang diubah menjadi listrik. Karena negara-negara Asia Tenggara sangat kaya akan curahan sinar matahari.
“Selain itu untuk biaya solar energy ini memang kalau jangka pendek dibandingkan dengan listrik dari PLN ya mahal, tapi untuk jangka panjang kita ini lebih murah jatuhnya. Karena panel itu memang mahal kan kalau bayar di awal tapi ya sudah, bayar itu saja. Selain itu tenaga matahari itu bisa diluaskan jangkauannya tergantung dari kebutuhan.” Tukasnya.
Berbeda dengan PLTU atau PLTA yang saat ini digunakan sebagai sumber listrik utama, penggunaan panel surya menurutnya bisa menjangkau hingga ke wilayah terpencil. “Kalau PLN kan tidak bisa seenaknya buka di mana, sedangkan ini bisa dimana saja kan semua wilayah Indonesia ada mataharinya.” Tutupnya. (Pus)

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
marketing plan competition
Tiga Srikandi FE Untar Meraih Juara Marketing Plan Competition

Infokampus.news – tiga mahasiswa program studi S1 manajemen FE Untar atas nama Verena Sandra Esmeralda, Sherly Marcheline dan Velia Melisandra

Close