Segera Dibuka! Potensi Wisata Bawah Laut di Selatan Teluk Pantai Prigi Ini Dijamin Aman oleh Dosen FMIPA UM

Infokampus.news, Malang – Potensi wisata bawah laut yang terletak di selatan teluk pantai Prigi sedang diteliti oleh salah satu dosen FMIPA, Jurusan Kimia, Universitas Negeri Malang (UM), Dr. Sc. Anugrah Ricky Wijaya, M.Sc. Dosen yang akrab disapa Pak Ricky ini memulai penelitiannya tentang laut di Indonesia mulai tahun 2013 setelah dirinya tuntas menyelesaikan studinya dari Ryukyus University.

“Kami fokus mengenai mobilisasi logam berat dan fraksinasi pb melalui rasio isotop 208/206Pb vs 207/206Pb menggunakan ICP-MS, yang cukup jarang juga dimiliki oleh peneliti di Indonesia.” paparnya pada wartawan.

Dirinya meneliti kandungan fraksinasi dan mobilisasi logam berat dan Pb isotop sebagai finger print Natural dan Anthropogenic sources untuk sedimen dan koral laut serta memonitor environmental polusi di laut Indonesia. “Kami mulai teliti di 2015 sedimen di pantai sendang biru dan bagian selatan teluk Prigi. Pemetaan Kontaminasi logam berat dan Pb isotop di laut Indonesia sedang kami kerjakan, terutama kita mulai dari laut di pulau jawa yang selama ini masih taraf normal” tukasnya.

Terutama di bagian selatan teluk Prigi ekosistem lautnya memiliki banyak titik natural. Titik natural ini adalah spot yang tidak memiliki kandungan logam berat, selain itu spot ini juga memiliki kandungan nutrisi yang memiliki Pb isotop cenderung natural sources.

“Kami bisa rekomendasikan ke nelayan untuk tingkatkan sumber daya perairan di spot-spot natural ini, selain itu juga bisa kembangkan untuk produktivitas perairan disitu.” ungkap dosen yang menamatkan gelar master dan doktornya di Jepang ini.

Selain itu pihaknya dibantu oleh Rektor UM yang telah membuat MoU dengan pemerintah trenggalek terkait potensi-potensi yang dimiliki pantai ini. Rencananya wisata bawah laut juga akan segera dibuka di area ini. “Potensinya sangat bagus, masyarakat harus tahu kalau disini ini aman, jadi para wisatawan tetap terjaga kesehatannya dan melihat terumbu karangnya sangat indah disini,” Tukasnya. (Pus)

Berita Terkait

ADV-728_x_90

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Read previous post:
peringkat UB
Ini Dia Peringkat UB Versi Ristekdikti, Dijamin Gak Nyesel Kuliah di UB!

Infokampus.news - Siapa sih sekarang yang tidak kenal Universitas Brawijaya? Universitas Brawijaya (UB) adalah salah satu perguruan tinggi negeri favorit

Close